Proyek Tol Becakayu, Mulai 31 Juli 2019 Simpang BCP ke Arah Jakarta Resmi Ditutup

"Kendaraan akan diputar di U-Turn Jembatan Pekayon kemudian masuk ke Jalan Kalimalang Sisi Selatan depan Metropolitan Mall ke arah Jakarta," ujarnya.

Proyek Tol Becakayu, Mulai 31 Juli 2019 Simpang BCP ke Arah Jakarta Resmi Ditutup
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Simpang BCP arah Jakarta Jalan KH Noer Ali Kalimalang Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi memastikan penutupan Simpang BCP ke arah Jakarta mulai Rabu, 31 Juli 2019.

Kendaraan dari Jalan Mayor M Hasibuan ke arah Jalan KH Noer Ali Kalimalang dialihkan.

Kepala Bidang Teknik Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi Johan Budi Gunawan mengatakan, penutupan Simpang BCP ini menyusul penyesuain proyek lanjutan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu).

"Sehubungan dengan pekerjaan lanjutan Pembangunan Tol Becakayu Segmen Simpang BCP yaitu Pembangunan Pier 347 yang akan menutup ruas Jalan KH. Noer Ali arah ke Jakarta di Simpang BCP maka terhitung hari RABU Tanggal 31 Juli 2019 dilakukan pengalihan arus," kata Johan, Jumat (26/7/2019).

Dishub Kota Bekasi menyiapkan dua skema rekayasa lalu lintas, pertama kendaraan dari arah Bekasi Jalan Mayor M Hasibuan menuju Jakarta Jalan KH Noer Ali Kalimalang akan dialihkan berputar di U-turn kolong Jalan layang Pekayon.

Pengalihan akan dilakukan mulai dari Simpang Presdo, lalu belok kiri ke Jembatan Irigasi Simpang Presdo, kemudian masuk Jalan Letjen Sarbini, belok kanan ke Jalan Pengairan (sisi Giant), lanjut belok kiri di Jalan Jenderal Ahmad Yani.

"Kendaraan akan diputar di U-Turn Jembatan Pekayon kemudian masuk ke Jalan Kalimalang Sisi Selatan depan Metropolitan Mall ke arah Jakarta," papar Johan.

Apabila skema pengalihan arus ini kurang maksimal, Dishub baru akan menerapkan sekam kedua dengan membuat sodetan atau celah simpang baru.

Kendaraan dari arah Bekasi atau Jalan Mayor M Hasibuan akan dialihkan ke Jalan Letjen Sarbini lalu masuk ke Jalan Pengairan sisi selatan Giant Mega Bekasi.

Setelah itu kendaraan langsung melintas di Jalan Ahmad Yani untuk masuk ke Jalan Kalimalang sisi selatan arah Jakarta melalui sodetan baru tersebut.

Kena Gusur Proyek Tol Becakayu, Pengelola Islamic Centre Berharap Bantuan Pemerintah

"Kita akan menyodet median Jalan Ahmad Yani supaya dari Jalan Pengairan sisi selatan Giant itu bisa lurus langsung ke Kalimalang, walaupun tidak simetris," papar Johan.

Bagi kendaraan dari arah Jalan Mayor M Hasibuan ke arah Stadion Bekasi tidak ada pengalihan arus. Begitu juga kendaraan dari arah Jakarta Jalan KH Noer Ali menuju Bekasi tetap bisa melintas di Simpang BCP dan luruh ke Jalan Mayor M Hasibuan.

Dia juga meminta kepada pengendara baik roda empat maupun roda dua mengikuti petunjuk rambu yang akan dipasang, petugas Dishub dan Polantas dari Polres Metro Bekasi Kota juga akan memberikan arahan demi kelancaran arus lalu lintas.

"Rambu akan kita pasang satu hari sebelum pengalihan, kalau sodetan sudah kita siapkan tinggal kita buka jika skema pertama kurang maksimal mengurai kepadatan," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved