Rumah Murah

Tanggapan Gubernur Pendaftar Rumah DP Rp 0 Naik Mobil Mewah, Anies: Berarti Banyak Peminatnya

"Ini indikasi banyaknya peminat, bukan berarti ada penyimpangan, tapi ternyata yang punya mobil bagus pun berminat," ucapnya.

Tanggapan Gubernur Pendaftar Rumah DP Rp 0 Naik Mobil Mewah, Anies: Berarti Banyak Peminatnya
TRIBUNNEWS.COM/Rina Ayu
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ditemu di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (25/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Gubernur Anies Baswedan mengatakan, banyaknya pendaftar Rusunami DP Rp 0 yang memiliki kendaraan mewah merupakan bukti betapa banyak diminatinya program unggulan Pemprov DKI Jakarta ini.

"Ini indikasi banyaknya peminat, bukan berarti ada penyimpangan, tapi ternyata yang punya mobil bagus pun berminat," ucapnya, Jumat (26/7/2019).

Ia pun memastikan, program ini tepat sasaran dan hanya orang-orang yang memenuhi kriteria yang bisa memiliki unit kamar di Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Nanti akan direview sesuai dengan persyaratan, supaya program ini menyasar dan memfasilitasi yang sesuai kriteria," ujarnya di Kapel Kolese Kanisius, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

Banyak Pemilik Kendaraan Mewah Daftar Beli Rumah DP 0 Rupiah, DPRD DKI Segera Panggil Dinas Peruma

"Karena itulah kenapa kami menggunakan kriteria tertentu," tambahnya.

Sebelumnya, Kepala UPT Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Dzikran Kurniawan mengatakan, banyak pemilik mobil mewah yang mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan unit kamar di Rusunami Klapa Village.

Hal ini ia sampaikan berdasarkan data milik Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta.

"Ternyata cukup banyak juga, ada beberapa orang yang memiliki Toyota Alphard, ada yang teridentifikasi memiliki kendaraan Porsche warna merah, Porsche Boxster, ada juga yang memiliki motor Harley-Davidson," ujar Dzikran di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Ia pun menyebut, pihaknya tidak bisa mengontrol warga yang ingin mendaftar. Yang bisa dilakukan hanyalah menyeleksi para pendaftar sehingga program rumah DP Rp 0 ini bisa tepat sasaran.

Untuk itu, ia menyebut pihaknya tidak akan meloloskan para pemilik kendaraan mewah untuk bisa membeli unit Rusunami Klapa Village.

"Itu faktanya yang kami temukan sehingga itu termasuk yang tidak lolos seleksi administrasi," kata dia.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved