Breaking News:

Dulu Kumuh, Tembok Samping Polres Metro Bekasi Kota Penuh Lukisan Mural

Kombes Pol Indarto mengatakan, dinding di jalur akses masuk menuju pelayanan SIM dulu memang nampak kumuh dan kurang terawat.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Penampilan dinding samping Polres Metro Bekasi Kota penuh dengan karya seni mural. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Ada yang beda dari penampilan jalur akses menuju pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Polres Metro Bekasi Kota.

Lukisan mural karya Seniman Bekasi hiasi dinding dengan gambar unik dan penuh warna.

Jalur akses masuk pelayanan SIM yang berada di antara gedung utama Mapolres Metro Bekasi Kota dan gedung Pengadilan Negeri Kelas 2A di Jalan Pramuka, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi kini semakin cantik dan sedap dipandang.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto mengatakan, dinding di jalur akses masuk menuju pelayanan SIM dulu memang nampak kumuh dan kurang terawat.

Dari situ, dia berpikir ingin menyulap tembok tersebut agar lebih bagus dan rapih.

"Awalnya itu tembok kumuh karena berada di samping (gedung utama), 2018 saya berpikir pernah mau buat itu kawasan hijau, saya tanami, tapi saya ada kendala diperawatan," kata Indarto kepada TribunJakarta.com, Minggu (28/7/2019).

Tembok sepanjang 80 meter itu kemudian disulap tak ubahnya seperti kanvas besar untuk para seniman mural. Bekerja sama dengan Forum Seniman Bekasi (FSB), Polres Metro Bekasi Kota sejak dua pekan lalu berhasil merubah wajah dinding kumuh dengan gambar-gambar mural menarik.

"Dua minggu yang lalu selesai, kita kerja sama dengan Forum Seniman Bekasi. Konsep dari kita mereka yang gambar. Proses pengerjaannya sekitar 4 hari, ada 15 seniman yang terlibat," ungkapnya.

Indarto menjelaskan, tujuan utama disulapnya dinding samping Polres Metro Bekasi Kota ini lantaran dalam waktu dekat, pihaknya akan memusatkan seluruh pelayanan kepolisian di dekat lokasi pelayanan SIM.

"Karena itu adalah jalan masuk satu-satunya menuju ke pelayanan kami, sekarang ada dua, kalau dulu hanya SIM sekarang ditambah gedung pemeriksaan terpadu. Jadi semua pemeriksaan reserse kriminal, narkoba, laka lantas akan dilakukan di satu gedung itu," ungkapnya.

Penampilan dinding samping Polres Metro Bekasi Kota penuh dengan karya seni mural.
Penampilan dinding samping Polres Metro Bekasi Kota penuh dengan karya seni mural. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Dengan begitu, jalan tersebut akan menjadi jalur utama aktivitas publik yang akan melakukan sejumlah kegaiatan yang berkaitan dengan Polres Metro Bekasi Kota.

"Kami ingin masyarakat merasa nyaman, karena dengan gambar mural itu pemandangan akan lebih bagus, lebih cantik," ujarnya.

Selain bekerja sama dengan Forum Seniman Bekasi, Polres Metro Bekasi Kota juga menggandeng sejumlah perusahaan. Kerja sama itu berupa hibah yang diperuntukkan untuk biaya proses mural.

"Iya kita kerja sama dengan beberapa sponsor, sebagai win win solution supaya kita enggak keluarkan anggaran khusus untuk percantik kawasan polres," ujarnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved