Kepulauan Seribu Bersiap Jelang Bulan Imunisasi Anak Sekolah dan Hari Hepatitis Sedunia

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu bersiap menyambut Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dan Hari Hepatitis Sedunia.

Kepulauan Seribu Bersiap Jelang Bulan Imunisasi Anak Sekolah dan Hari Hepatitis Sedunia
Tribunnews.com
Ekspresi sejumlah siswa saat mengikuti pelaksanaan kampanye imunisasi Measles-Rubella (MR) Fase II, di MTsN 1 Makassar, Jl AP Pettarani, Rabu (1/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KEPULAUAN SERIBU - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu bersiap menyambut Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dan Hari Hepatitis Sedunia.

Persiapan dilakukan dengan mengadakan sejumlah sosialisasi yang digelar Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Erwin mengatakan, untuk bersiap menyambut BIAS pihaknya mensosialisasikan manfaat imunisasi kepada orang tua.

Langkah ini dilakukan untuk memberikan informasi akan pentingnya imunisasi sehingga membantu kekebalan tumbuh kembang anak.

"Imunisasi adalah suatu upaya meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga bila terserang, penyakit tersebut tidak sakit atau mengalami sakit ringan," kata Erwin di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Imunisasi diadakan untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada seseorang, menghilangkan penyakit tertentu pada sekelompok masyarakat (populasi), serta menghilangkan penyakit tertentu di dunia.

Imunisasi juga digelar untuk menurunkan kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

"Kami menyarankan pemberian imunisasi anak dilakukan sejak baru lahir sampai usia sekolah dasar. Konsultasikan ke puskesmas-puskesmas terdekat untuk mendapatkan informasi status imunisasi anak," imbau Erwin.

Selain itu, dalam menyambut BIAS, Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu akan melaksanakan imunisasi gratis kepada murid SD di Kepulauan Seribu.

Halaman
12
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved