Idul Adha 2019

Tahun Depan Panitia Kurban Diwajibkan Gunakan Plastik Ramah Lingkungan Saat Idul Adha

Kasudin KPKP Jakarta Timur Yuli Absari turut serta melakukan gerakan pengurangan sampah plastik, yang dimulai dari pantia kurban

Tahun Depan Panitia Kurban Diwajibkan Gunakan Plastik Ramah Lingkungan Saat Idul Adha
Tribunjakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Suasana sosialisasi tata cara pemotongan dan penanganan daging kurban di TC Pertanian Klender, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (29/7/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Turut serta mengatasi masalah sampah plastik, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) mulai sosialisasikan penggunaan plastik ramah lingkungan saat pelaksanaan Idul Adha.

Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Untuk itu, berbagai gerakan pengurangan sampah plastik mulai gencar dilakukan.

Menanggapi hal ini, Kasudin KPKP Jakarta Timur Yuli Absari turut serta melakukan gerakan pengurangan sampah plastik, yang dimulai dari pantia kurban.

Hal ini ia ungkapkan saat menghadiri sosialisasi tata cara pemotongan dan penanganan daging kurban di TC Pertanian Klender, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Selama ini kan memang para panitia kurban itu menggunakan plastik yang berwarna. Kemudian kita berikan pemaparan bahwa plastik tersebut tidak bagus. Kemudian mereka mengganti dengan plastik bening. Setelah itu kita lakukan sosialisasi kembali penggunaan plastik ramah lingkungan," jelasnya di lokasi, Senin (29/7/2019).

Untuk Idul Adha tahun ini, ia mengatakan belum mewajibkan seluruh tempat pemotongan menggunakan plastik ramah lingkungan. Sebab secara kesiapan diakuinya belum sempurna.

"Tahun ini baru sosialisasi ya. Karena memang dari kesiapannya belum maksimal. Kan ada beberapa panitia yang sudah membeli kantung plastik. Sehingga untuk tahun ini masih kita berikan toleransi," sambungnya.

Dibuang di Atas Saluran Air, Bayi yang Ditemukan di Teluk Gong Merah-merah Digigit Semut

Pelaku Pelecehan Seksual Lewat Game Online Hilangkan Barbuk, Polisi Hubungi Facebook di Singapura

Dinobatkan Sebagai Duta Anti Kekerasan Terhadap Wanita dan Anak, Ini yang Akan Dilakukan Cinta Laura

Namun, dirinya juga mengapresiasi para pantia kurban yang berencana untuk menggunakan plastik ramah lingkungan.

Sebab diakuinya beberapa panitia kurban sudah mulai sadar bahaya kantung plastik yang sulit mengurai.

Nantinya, mulai tahun depan ia akan menerapkan penggunaan plastik ramah lingkungan pada Hari Raya Idul Adha bagi seluruh panitia kurban.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved