400 Ton Sampah Kali Bahagia Bekasi Baru Terangkut Dua Truk

Dodi menambahkan, 400 ton sampah itu memenuhi aliran kali sepanjang kurang lebih satu kilo meter dengan ketebalan sekitar 50 sentimeter

400 Ton Sampah Kali Bahagia Bekasi Baru Terangkut Dua Truk
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Petugas saat melakukan pembersihan sampah di Kali Bahagia Kecamatan Babelan Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BABELAN - Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto mengatakan, proses pembersihan tumpukan sampah di Kali Bahagia, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi mulai dilakukan hari ini, Selasa (30/7/2019).

Di hari pertama proses pembersihan, baru sebanyak dua truk sampah yang dapat terangkut, DLH memperkirakan, volume sampah yang menumpuk di Kali Bahagia mencapai 400 ton.

Dodi menambahkan, 400 ton sampah itu memenuhi aliran kali sepanjang kurang lebih satu kilo meter dengan ketebalan sekitar 50 sentimeter.

Petugas saat melakukan pembersihan sampah di Kali Bahagia Kecamatan Babelan Bekasi.
Petugas saat melakukan pembersihan sampah di Kali Bahagia Kecamatan Babelan Bekasi. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

"Itu kurang lebih bari 20 meter yang terangkut, ada dua truk sampah yang kita kerahkan hari ini," kata Dodi saat dikonfimasi, Selasa (30/7/2019).

Dia menjelaskan, proses pembersihan tumpukan sampah masih dilakukan secara manual. Sebab, akses menuju kali belum dapat dilalui alat berat. Sampah yang sudah terangkutpun masih sebatas sampah ringan yang belum mengeras.

"Iya diatasnya dulu, kan kalo lumpurnya kan dari PUPR ya, kita bersihin sampahnya dulu, kalau lumpur itu nanti namanya normalisasi. tupoksinya ada di PUPR," jelas Dodi.

Untuk hari ini, DLH menerjunkan sebanyak 20 personel ditambah partisipasi masyarakat baik dari kelurahan, Polsek dan Koramil. Selanjutnya, dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan pembersihan besar-besaran tumpukan sampah Kali Bahagia.

"Tadi kita sudah gelar rapat bersama dengan beberapa SKP (satuan kerja perangkat dinas), Perum Jasa Tirta II serta dari Kemenko Maritim, hari Kamis (1/8) kita akan kerahkan 600 personel untuk bersihin sampah," ujarnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved