7 Pulau di Kepulauan Seribu Sudah Terdampak Tumpahan Minyak dari Karawang

Tumpahan minyak yang menggumpal ketika di air memudahkan para petugas untuk melakukan proses penjaringan

7 Pulau di Kepulauan Seribu Sudah Terdampak Tumpahan Minyak dari Karawang
Dokumentasi Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad
Dokumentasi Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad saat melakukan monitoring pembersihan tumpahan minyak di beberapa pulau yang terdampak pada Sabtu (27/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, PULAU SERIBU - Tujuh pulau di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan terdampak limbah minyak atau pek dari dari tumpahan minyak mentah PT Pertamina di perairan utara Karawang.

Sejak Selasa (23/7/2019), sejumlah tumpahan minyak berbentuk gumpalan mulai terlihat di Pulau Untung Jawa dan Pulau Rambut. Kemudian memyebar ke pulau disekitarnya seperti Pulau Onrust, Pulau Kelor, Pulau Bidadari, Pulau Bokor dan Pulau Ayer.

"Sejak Selasa lalu memang sudah ada tumpaham minyak. Pulau Untung Jawa dan Pulau Rambut menjadi yang terparah diantara pulau lainnya. Namun PPSU dibantu dua kapal milik Pertamina juga sudah melakukan pembersihan dengan jaring dan karung," jelas Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad saat ditemui di rumah dinasnya, Selasa (30/7/2019).

Tumpahan minyak yang menggumpal ketika di air memudahkan para petugas untuk melakukan proses penjaringan.

Selain itu, diakui Husein sampai saat ini belum ada data terkait kerusakan ekosistem akibat tumpahan minyak ini.

"Begitu ada kan langsung kita jaring. PPSU kita ada 78 orang sehingga siap siaga ketika melakukan pembersihan di pulau-pulau yang terdampak. Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan ekositem dan belum ada penemuan ikan mati akibat tumpahan," sambungnya.

Berdasarkan data pembersihan yang dilakukan petugas di Kepulauan Seribu, sebanyak 1.470 karung limbah minyak atau pek berhasil diangkut dari empat pulau, yakni Pulau Bakor, Pulau Rambut, Pulau Untung Jawa dan Pulau Ayer.

Untuk Pulau Bakor, sebanyak 32 karung tumpahan minyak berhasil diangkut di hari Jumat (26/7/2019) dan Sabtu (27/7/2019). Sedangkan untuk Pulau Rambut, sebanyak 613 karung berhasil diangkut sejak hari Selasa (23/7/2019) sampai Senin (29/7/2019).

Kemudian untuk Pulau Untung Jawa, sebanyak 800 karung tumpahan minyak berhasil diangkut sejak Rabu (24/7/2019) sampai Selasa (30/7/2019) dan untuk Pulau Ayer pada hari ini 25 kantung tumpahan minyak berhasil diangkut.

Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Agustus, Waspada Spekulan Tanah

Sindiran Kapolres Jakut Oknum Polisi Tinggalkan Dinas Jadi Sopir Taksi Online, Pinjam Uang DP Mobil

Husein menuturkan mulai hari pihaknya telah berkordinasi dengan pihak Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan untuk memberikan konsumsi bagi para petugas pemberaihan pulau, baik dari Pertamina maupun dari anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved