Tekan Polusi Udara, Gubernur Anies Baswedan Minta Kendaraan Berat Masuk Jakarta Lulus Uji Emisi

Gubernur Anies Baswedan meminta seluruh kendaraan berat yang masuk Jakarta harus memenuhi standar uji emisi.

Tekan Polusi Udara, Gubernur Anies Baswedan Minta Kendaraan Berat Masuk Jakarta Lulus Uji Emisi
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Gubernur Anies Baswedan saat ditemui di Velodrome, Pulo Gadung, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, PULO GADUNG - Guna menekan tingkat polusi udara di Jakarta yang tinggi, Gubernur Anies Baswedan meminta seluruh kendaraan berat yang masuk Jakarta harus memenuhi standar uji emisi.

Pasalnya, ia curiga, kepadatan volume kendaraan berat di malam hari yang melintas di Tol JORR turut berperan besar mempengaruhi buruknya kondisi udara di Jakarta.

"Kita akan bicara mengenai sumber yang paling penting, kita identifikasi dan kendaraan besar yang masuk Jakarta untuk uji emisi dan dipastikan aman," ucapnya, Selasa (30/7/2019).

Dijelaskan Anies, kecurigaan ini muncul lantaran setiap pagi kondisi udara di wilayah Jagakarsa yang dilintasi oleh Tol JOR menunjukkan angka polusi udara cukup tinggi.

"Kalau angka polusi udara biasanya tinggi di daerah pusat perkotaan, tapi angka kita di Jagakarsa yang di situ daerah minim kegiatan juatru tinggi di pagi hari," ujarnya.

"Apalagi ada kegiatan konstruksi dan perbaikan jalan, efeknya kalau malam macet dan pagi hari angka polusi tinggi," tambahnya menjelaskan.

Anies Sebut Kendaraan Berat yang Melintas di JORR Jadi Penyebab Buruknya Kualitas Udara Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat hadir dalam pengkhataman pelatihan pengelola masjid dan pelepasan petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban tahun 2019 di Jakarta Islamic Centre (JIC), Koja, Jakarta Utara, Selasa (30/7/2019).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat hadir dalam pengkhataman pelatihan pengelola masjid dan pelepasan petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban tahun 2019 di Jakarta Islamic Centre (JIC), Koja, Jakarta Utara, Selasa (30/7/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/AFRIYANI GANIS)

Seperti diketahui, kondisi udara di Jakarta menjadi yang terburuk dalam beberapa hari belakangan ini versi website www.AirVisual.com, khususnya di pagi hari.

AirVisual sendiri merupakan situs penyedia peta polusi udara harian kota-kota besar di dunia.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved