Habiskan Anggaran Sekitar Rp 10 Triliun, Kartu Pra Kerja Direncanakan Akan Terealisasi Tahun 2020

Hal tersebut, disampaikan oleh Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Beji, Kota Depok.

Habiskan Anggaran Sekitar Rp 10 Triliun, Kartu Pra Kerja Direncanakan Akan Terealisasi Tahun 2020
TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri ketika dijumpai wartawan di Balai Sidang UI, Beji, Kota Depok, Rabu (31/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, BEJI – Program Kartu Pra Kerja direncanakan akan terealisasi pada tahun 2020 mendatang, dan menggunakan gelontoran dana sekiranya Rp 10 triliun dengan target dua juta orang.

Hal tersebut, disampaikan oleh Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Beji, Kota Depok.

 “Akan berjalan tahun depan, anggarannya sudah ada sekira Rp 10 triliun. Nah cuma ini masih menungu keputusan dari Menteri Keuangan dan Bappenas, yang menjalankan atau menyelenggarakannya siapa,” ujar Hanif di Balai Sidang UI, Rabu (31/7/2019).

Hanif juga mengatakan, program kartu pra kerja tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menggenjot investasi sumber daya manusia (SDM), baik melalui pelatihan di BLK pemerintah, LPK swasta, maupun training center industri.

“Program ini memperbulat upaya kita untuk menginvestasi SDM,” jelasnya 

Menaker Sebut Kartu Pra Kerja Sesuai dengan Masalah Pengangangguran Saat Ini

Target penerima Kartu Pra Kerja tersebut adalah angkatan kerja baru, skill shifting untuk angkatan kerja lama, serta pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dengan adanya program tersebut, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memasuki dunia kerja, alih profesi, ataupun yang hendak berwirausaha.

“Target kami yang menerima kartu sekitar dua juta orang untuk pencari kerja atau angkatan kerja baru, sama korban PHK,” ujarnya.

Penulis: Dwi putra kesuma
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved