Pemkot Jakarta Utara Gelar Sosialisasi Aplikasi Toska, Bayar Pajak Kini Bisa Gunakan Sistem Online

Ia juga menyebutkan, Wajib pajak saat ini dipermudah dalam pembayaran dengan adanya aplikasi TOSKA tersebut.

Pemkot Jakarta Utara Gelar Sosialisasi Aplikasi Toska, Bayar Pajak Kini Bisa Gunakan Sistem Online
ISTIMEWA
Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau saat ditemui  setelah sosialisasi aplikasi Tax Online System of Jakarta (TOSKA) kepada wajib pajak di Balai Yos Sudarso, Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (1/8/2019).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar sosialisasi aplikasi Tax Online System of Jakarta (TOSKA) kepada wajib pajak di Balai Yos Sudarso, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kamis (1/8/2019).

Dalam penggunaannya, Aplikasi TOSKA dapat mempermudah pembayaran pajak dengan memanfaatkan sistem online.

Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau mengatakan, sosialisasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menyukseskan pendapatan pajak dan retribusi daerah di Jakarta Utara.

Ia juga menyebutkan, Wajib pajak saat ini dipermudah dalam pembayaran dengan adanya aplikasi TOSKA tersebut.

“Alhamdulillah hari ini kita laksanakan sosialisasi aplikasi TOSKA ini. Aplikasi ini dapat mempermudah pembayaran pajak dan retribusi daerah sehingga pendapatan daerah dapat mencapai target yang ditentukan,” kata Syamsuddin, saat ditemui di Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (1/8/2019).

Pemimpin Divisi E-Banking PT Bank DKI Grup Dana Retail dan Layanan Digital Edo Yudhistira menerangkan, aplikasi TOSKA merupakan sistem pajak terintegrasi antara wajib pajak, Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) dan Bank DKI secara online.

Aplikasi TOSKA dapat diakses melalui laman website https://toska.bankdki.co.id dengan memasukkan Nomor Objek Pajak Daerah (NOPD) dan kata sandi.

“Aplikasi ini dapat digunakan untuk pencatatan, rekonsiliasi, pembayaran, dan pelaporan pajak hotel, restoran, tempat hiburan dan perparkiran,” jelas Edo.

Bagi wajib pajak yang menggunakan aplikasi ini, dijelaskannya memiliki banyak kentungan, diantaranya aplikasi TOSKA bisa digunakan untuk monitoring data, akses aplikasi Cash Management System (CMS) bagi nasabah Bank DKI untuk payment channel tagihan pajak, dan kemudahan dalam monitoring pembayaran serta pelaporan Surat Pemberitahuan Pajak Daerah Elektronik (E-SPTPD) dan Surat Setoran Pajak Daerah Elektronik (E-SSPD).

Wajib pajak juga tidak dikenakan biaya alias gratis biaya instalasi, peminjaman alat dan jaringan alat perekam.

Pencapaian target atas pajak dan retribusi daerah pun diharapkan dapat tercapai dengan adanya sistem tersebut.

“Kami harapkan dengan adanya aplikasi ini, wajib pajak semakin mudah dalam mengurus segala keperluan dan pembayaran pajak. Sehingga berdampak positif terhadap pendapatan pajak dan retribusi daerah,” kata edo.

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved