Ibadah Haji 2019

Delegasi Amirul Hajj Akan Kunjungi Hotel Jemaah Haji Indonesia, Sampaikan Bimbingan Hingga Motivasi

Dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, delegasi Amirul Hajj siap blusukan ke hotel-hotel jemaah haji Indonesia menyampaikan motivasi.

Delegasi Amirul Hajj Akan Kunjungi Hotel Jemaah Haji Indonesia, Sampaikan Bimbingan Hingga Motivasi
Tribunnews/ Bahaudin/ MCH2019
Lukman Hakim Saifuddin memimpin rapat internal delegasi Amirul Hajj di Kantor Daker Makkah, Kamis (1/8/2019) malam waktu Arab Saudi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Muhammad Husain Sanusi Dari Makkah

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKKAH – Dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, delegasi Amirul Hajj siap blusukan ke hotel-hotel jemaah haji Indonesia untuk menyampaikan motivasi dan bimbingan ibadah ke jemaah haji.

“Alhamdulillah malam ini kita baru saja menyelesaikan rapat internal dengan seluruh delegasi Amirul Hajj yang intinya adalah membahas agenda jadwal kegiatan Amirul Hajj beberapa hari ke depan. Bahwa kita menyepakati anggota delegasi Amirul Hajj akan mengunjungi sektor-sektor, hotel-hotel yang didiami oleh jemaah untuk menyampaikan motivasi, manasik haji, bimbingan yang perlu ditekankan kepada jamaah haji kita terkait dengan penyelenggaraan haji tahun ini,” kata Lukman.

Jemaah Haji Badal Tak Perlu Khawatir Ibadahnya Tak Sah, Petugasnya Ahli dan Merupakan Orang Terpilih

Kapasitas Mina Perlu Ditingkatkan Sebelum Tambah Kuota Jemaah Haji, Begini Penjelasannya

Delegasi Amirul Hajj, Kamis (1/8/2019) malam waktu Arab Saudi menggelar rapat di Kantor Daker Makkah.

Delegasi Amirul Hajj terdiri 13 personil yang berasal dari berbagai unsur.

Lukman Hakim Saifuddin memimpin rapat internal delegasi Amirul Hajj di Kantor Daker Makkah, Kamis (1/8/2019) malam waktu Arab Saudi.
Lukman Hakim Saifuddin memimpin rapat internal delegasi Amirul Hajj di Kantor Daker Makkah, Kamis (1/8/2019) malam waktu Arab Saudi. (Tribunnews/ Bahaudin/ MCH2019)

Hasil rapat menyepakati Amirul Hajj akan mengunjungi sektor-sektor setiap hari dari jam 09.00-11.00 pagi selama dua jam.

Mereka akan didampingi oleh konsultan ibadah haji dan beberapa petugas sektor yang ada.

Konsultan Gelar Manasik Bagi Petugas Haji karena Prosesi Ibadah Berbeda Dengan Jemaah Lainnya

Menteri Agama Puji Fasilitas Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Madinah, Intip Sederet Fasilitasnya

“Intinya adalah memotivasi jamaah agar tetap bisa menjalankan haji dengan sebaik-baiknya dan harapannya tentu bisa mencapai tingkat kemabruran khususnya ketika mereka kembali ke tanah air,” tambah Lukman.

Lokasi kunjungan Amirul Hajj ini nantinya akan disesuaikan dengan sistem zonasi tempat tinggal jemaah haji beserta dengan daerah asal Amirul Hajj.

“Kita bersyukur bahwa anggota delegasi Amirul Hajj itu berasal dari daerah yang berbeda-beda ada yang dari Sumut, Makassar, Jabar, Jateng tentunya nanti kita akan mengirim mereka ke tempat-tempat sesuai dengan zonasi jemaah. Jadi ada Pak Busyo Mukoddas misalnya beliau dari Yogyakarta tentu nanti akan kita pertemukan dengan jemaah yang berasal dari Yogyakarta, Jateng, dst,” tambah Lukman.

Lukman menjelaskan delegasi Amirul Hajj sedapat mungkin akan masuk wilayah-wilayah yang ikhtilaf secara syar’i yang muncul keragaman pandangan secara teknis yang sifatnya fiqhiyah.

Follow juga:

“Jadi bapak-bapak delegasi Amirul Hajj akan lebih bicara pada hal-hal yang sifatnya lebih makro dalam rangka memotivasi jamaah dan meluaskan pengetahuan mereka terkait dengan filosofi haji, hal-hal yang intinya menjadi ciri dari kemabruran haji itu sendiri. Kemabruran secara sosial itu yang perlu lebih ditekankan karena kemabruran itu dampaknya yang lebih diharapkan ketika jamaah haji kita kembali ke Tanah Air. Ke daerahnya masing-masing sehingga mampu menebarkan kemaslahatan bagi masyarakat dan lingkungannya,” pungkas Lukman.

Berikut susunan Delegasi Amirul Hajj Penyelenggaraan Ibadah Haji 2019.

1. Amirul Hajj : Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama)
2. Naib Amirul Hajj : A. Bunyamin Ruhiyat (PB NU); dan M. Busyro Muqaddas (Muhammadiyah)
3. Sekretaris : Muchlis M. Hanafi (Kemenag)
4. Anggota : Hamid Balfas (Al Irsyad Al Islamiyah), Yusnar Yusuf Rangkuti (Al Washliyah), Imam Addaruqutni (DMI), Hamzah Harun Al Rasyid (UIN Alauddin Makassar), Rofiqul Umam Noeril Huda (MUI), Umar Al Haddad (Rabithah al Alawiyah), Ali Machfudon Abdillah (JATMAN), dan Pattiselano Roberth Johan (Kemenkes)
5. Staf Sekretariat : Ahmad Zayadi (Kemenag), dan Khoirul Huda Basyir (Kemenag)

Editor: Siti Nawiroh
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved