Ibadah Haji 2019

Ali Taher Ketuai Rombongan DPR RI Awasi Pelaksanaan Haji di Mekkah

Rombongan DPR RI yang bertugas mengawasi ibadah haji 2019 telah berada di Mekkah.

Ali Taher Ketuai Rombongan DPR RI Awasi Pelaksanaan Haji di Mekkah
Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019
Rombongan DPR RI rapat di Kantor Daker Makkah sebelum terjun melakukan pengawasan pelaksanaan haji, Minggu (4/8/2019). Sebanyak 60 anggota DPR RI berkunjung ke Makkah melakukan pengawasan pelaksanaan haji. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Muhammad Husain Sanusi Dari Makkah

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH – Rombongan DPR RI yang bertugas mengawasi ibadah haji 2019 telah berada di Mekkah.

Ketua Komis VIII DPR RI, Ali Taher, menyampaikan keterangan tentang keberadaan rombongan tersebut di Kantor Daker Makkah, Minggu (4/8/2019) petang Waktu Arab Saudi.

“Sebagai tugas dan tanggung jawab konstitusional kita maka DPR RI selalu melakukan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan mitra kerja, dalam kaitan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini,” kata Ali Taher.

Kunjungan pengawasan dilakukan oleh empat komisi dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Ali Taher sebagai anggota pimpinan Komisi VIII, kemudian Komisi III, komisi V , Komisi VIII, dan Komisi IX.

“Ada 60 orang yang termasuk rombongan. Terkait itu ada 4 sasaran yang akan kita lakukan kunjungan adalah untuk memastikan penyelenggaraan akomodasi berjalan dengan baik sesuai harapan masyarakat, jamaah haji, kemudian kesehatannya, transportasi, dan konsumsi,” ungkap dia.

Di luar dari rombongan tersebut ada lagi rombongan dari DPD.

“Yang kedua, di luar dari empat sasaran tadi itu, ada Komisi III bidang hukum dan imigrasi, Komisi B bagian transportasi, Komisi IX bagian kesehatan, dan Komisi VIII bagian secara umum. Ini dibagi tugas berdasarkan tupoksi DPR, menandakan DPR sangat serius dan empati untuk memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama,” katanya.

Rombongan pengawas DPR RI ini akan bekerja selama kurang lebih 15 hari. Mereka sudah melakukan pengawasan di Madinah dan selanjutnya berada di Mekkah terutama jelang puncak haji.

“Hasil pengawasan nantiny aka nada dalam bentuk rekomendasi untuk evaluasi, karena kita sadar betul manajemen penyelengaraan ibadah haji ada tiga tahap. persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi,” ungkap Ali Taher.

Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved