Idul Adha 2019

Diduga Minta Jatah Sapi Kurban, BKD Rekomendasikan Camat Matraman Dicopot

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Chaidir mengatakan, pihaknya menemukan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Bambang Eko.

Diduga Minta Jatah Sapi Kurban, BKD Rekomendasikan Camat Matraman Dicopot
DEAN PAHREVI/KOMPAS.com
Seorang Penjual Hewan Qurban bernama Adin Mengaku diminta Berikan 1 Ekor Sapi oleh Oknum Kecamatan Agar Bisa Berjualan di sebuah lahan di Jalan Ahmad Yani, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (1/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Camat Matraman Bambang Eko terancam dicopot dari jabatannya usai muncul dugaan dirinya menarik pungutan liar dari seorang pedagang hewan kurban di daerahnya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BKD DKI Jakarta Chaidir setelah melakukan pemeriksaan terhadap Bambang Eko pada Jumat (3/8/2019) lalu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Chaidir mengatakan, pihaknya menemukan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Bambang Eko.

"Hasil BAP, pertama, beliau mengakui ada imbauan untuk melakukan partisipasi dari kalangan pengusaha dan sektornya," ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (5/8/2019).

Ia menjelaskan, hal ini bertentangan dengan PP 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil (PNS) dan juga UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Tugas Camat jaga teritorial, jaga keamanan dan kenyamanan. Bukan mengimbau cari dana," ujarnya.

"Netralitas harus dipegang, enggak boleh karena sama saja ujung-ujungnya pungli dong, gratifikasi," tambahnya menjelaskan.

BKD pun mengaku, telah mengirimkan surat rekomendasi kepada Badan Pertimbangan Jabatan (Baperjab) Jakarta Timur untuk mengevaluasi dan mencopot jabatan Bambang Eko sebagai Camat Matraman.

"BKD telah serahkan resume ke Wali Kota untuk dilakukan evaluasi terhadap jabatan untuk proses Baperjab lebih lanjut. Dalam waktu dekat beliau sudah tidak menjabat Camat," kata Chaidir.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved