Idul Adha 2019

Pemprov DKI Jakarta Perbolehkan Penjual Hewan Kurban Berdagang di Trotoar Kawasan Tanah Abang

Pemprov DKI Jakarta menerbitkan Ingub Nomor 46 Tahun 2019 tentang Pengendalian Penampungan dan Pemotongan Hewan Dalam Rangka Idul Adha 2019/1440 H.

Pemprov DKI Jakarta Perbolehkan Penjual Hewan Kurban Berdagang di Trotoar Kawasan Tanah Abang
Warta kota/henry lopulalan
PENJUAL HEWAN KURBAN - Pedagang hewan korban masih nekat jualan hewan kurban di trotoar Jalan Raya Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin(20/8/2018). Kambing dan sapi memenuhi trotoar hingga menganggu penguna jalan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta menerbitkan instruksi gubernur (Ingub) Nomor 46 Tahun 2019 tentang Pengendalian Penampungan dan Pemotongan Hewan Dalam Rangka Idul Adha 2019/1440 H.

Dalam Ingub tersebut dijelaskan bahwa para pedagang hewan kurban tidak diperbolehkan berjualan di jalur hijau, taman kota, trotoar, dan fasilitas unum.

Namun, Ingub tersebut ternyata tidak berlaku bagi para penjual hewan kurban di kawasan Jalan KH. Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kepala Satpol PP DKI Arifin mengatakan, para pedagang hewan kurban diperbolehkan berjualan di atas trotoar menjelang hari raya Idul Adha.

"Untuk Tanah Abang, setelah koordinasi dengan pak Wali Kota, Jalan KH. Mas Mansyur memang diperbolehkan (berjualan di atas trotoar)," ucapnya, Selasa (6/8/2019).

Meski demikian, ia menyebut, tidak semua trotoar di sepanjang Jalan KH. Mas Mansyur diperbolehkan untuk berjualan hewan kurban.

"Ada spot-spot yang sudah ditentukan, artinya bukan sepanjang jalan itu boleh," kata Arifin.

Ia menjelaskan, para pedagang hewan kurban itu nantinya akan diatur oleh Pemkot Jakarta Pusat agar lapak dagangan mereka tidak mengokupasi seluruh trotoar hingga menghalangi para pejalan kaki yang melintas.

"Memang tugas unsur wilayah, memfasilitasi tempat hewan kurban yang sekiranya bisa digunakan untuk berdagang," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved