Cerita AKP Lalu Hedwin, Saat Terpilih Jadi Komandan Paskibraka Upacara HUT RI di Istana Tahun 2016

Sampai saat hari H upacara, Lalu dipercaya menjadi Komandan. Ia bertugas mengatur jalannya upacara dari mulai penaikan sampai penurunan bendera.

Cerita AKP Lalu Hedwin, Saat Terpilih Jadi Komandan Paskibraka Upacara HUT RI di Istana Tahun 2016
Istimewa/Dokumentasi AKP Lalu Hedwin Hanggara
AKP Lalu Hedwin Hanggara saat terpilih menjadi Komandan Upacara Pengibaran Bendera, 17 Agustus 2016. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Menjadi seorang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merupakan kebanggaan tatkala upacara digelar dan sangsaka merah putih berkibar di langit.

Terlebih menjadi Komandan upacara pengibaran bendera di Istana Negara dengan Presiden Republik Indonesia sebagai inspekturnya.

Pengalaman itu dimiliki Lalu Hedwin Hanggara, polisi berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) yang saat ini menjabat Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Tangerang Selatan (Tangsel).

Jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2006 itu menceritakan pengalamannya kepada TribunJakarta.com saat terpilih menjadi Komandan Upacara di Istana Negar 2016 silam, di sela-sela tugasnya di Serpong, Rabu (7/8/2019).

"Pada saat itu kami terpilih dari tingkat Polri, terpilih sebanyak dua orang, dari Polri kami berangkat ke Garnisun Kota 1 Jakarta, mewakili dari Polri bersama angkatan yang lain dari TNI AD, TNI AU dan Angkatan Laut, dua dua orang jadi total ada delapan orang," ujar Lalu mengenakan pakaian dinas Lantasnya.

Pria 34 tahun itu merupakan peringkat terbaik pada pendidikan kepolisian di angkatannya.

Persija Jakarta Pilih Gunakan Stadion Patriot Saat Hadapi Bhayangkara FC

Masyarakat Pesimis Besek Bambu dapat Gantikan Kantong Plastik

Dari dua orang perwakilan Polri, Lalu kembali menjalani serangkaian tes dari mulai psikologi, fisik hingga kemampuan peraturan baris-berbaris (PBB).

"Di sana kami diseleksi di Mabes TNI, dengan tahapan tes dari psikologi, kesehatan, fisik, kemudian postur dan PBB, kemudian terpilihlah empat orang, perwakilan dari setiap instansi," ujarnya.

Lalu dan perwakilan masing-masing satu orang dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) menjalani pelatihan intensif karantina di Cibubur, Jakarta Timur.

Halaman
12
Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved