Dishub Atur Durasi Lampu Lalu Lintas Antisipasi Kemacetan di Jalur Alternatif Ganjil Genap

Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan mengatur durasi lampu lalu lintas di sejumlah persimpangan jalan.

Dishub Atur Durasi Lampu Lalu Lintas Antisipasi Kemacetan di Jalur Alternatif Ganjil Genap
Tribunnews.com/Irwan Rismawan
Papan pemberitahuan sistem plat nomor kendaraan ganjil genap saat hari pertama pemberlakuan peraturan pelat nomor ganjil-genap di Bundaran Senayan, Jakarta, Selasa (30/8/2016). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Guna mengantisipasi kemacetan di jalur alternatif perluasan ganji genap, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan mengatur durasi lampu lalu lintas di sejumlah persimpangan jalan.

Pengaturan durasi lampu lalu lintas ini sendiri akan dilalukan secara otomatis di persimpangan jalan yang menjadi simpul kemacetan.

"Pada titik kemacetan yang sudah diatur dengan area traffic control system atau lampu lalu lintas akan dilakukan pengaturan secara otomatis terhadap peningkatan traffic di jalan," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Rabu (7/8/2019).

Sementara itu, pada persimpangan jalan yang belum ada lampu lalu lintas, Dinas Perhubungan akan menerjunkan sejumlah petugas untuk mengatur arus lalu lintas.

"Terhadap persimlangan atau titik kemacetan yang muncul dan belum ada traffic light, kami perkuat dengan penguatan petugas untuk jangka mendesal," ujarnya.

Sementara itu, untuk penanganan jangka pendek di simpang tersebut, Dinas Perhubungan akan memasang kamera CCTV untuk mengawasi persimpangan itu.

"Jangka pendek kami akan tingkatkan dengan menampatkan kamera CCTV yang nantinya bisa diintegrasikan dengan CC (command center) room Dishub," kata Syafrin.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta resmi memperluas sistem ganjil genap di ruas jalan ibu kota.

Uji coba perluasan ganjil genap itu sendiri akan mulai dilaksanakan pada 12 Agustus sampai 6 September 2019 dan diberlakukan pada Senin hingga Jumat, kecuali hari libur sejak pukul 06.00 WIB - 10.00 WIB dan 16.00 WIB - 21.00 WIB.

Halaman
1234
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved