Imbauan Lurah untuk Warga Sunter Agung Agar Sampah Tidak Menumpuk di Jalan Danau Sunter Barat

Aktivitas itu disebutkan Lurah Sunter Agung, Danang Wijanarka sekiranya sudah tiga bulan beroperasi.

Imbauan Lurah untuk Warga Sunter Agung Agar Sampah Tidak Menumpuk di Jalan Danau Sunter Barat
TRIBUNJAKARTA.COM/AFRIANI GARNIS
Area tepi Jalan Danau Sunter Barat yang tampak kumug karena dijadikan lokasi pengangkutan sampah sementara untuk lima RW di Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Jalan Danau Sunter Barat kini tampak kumuh dan berantakan akibat rutinitas pengangkutan sampah yang  dilakukan disana.

Aktivitas itu disebutkan Lurah Sunter Agung, Danang Wijanarka sekiranya sudah tiga bulan beroperasi.

Diketahui, sampah-sampah itu berasal dari RW 1, 3, 4, 6 dan 7 Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara. Sementara lokasinya sendiri berada di area RW 06.

Pihak Kelurahan Sunter Agung pun berencana  menyiapkan 56 gerobak sampah sebagai alternatif penampungan sampah karena tidak adanya lahan pembuangan sementara (LPS) akibat pembangunan fasilitas pengolahan sampah Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter.

Sebelum pembangunan lahan ITF dimulai, warga menggunakan area disekitarnya untuk menampung sampah rumah tangga untuk kemudian diangkut ke Bantargebang, Bekasi.

Saat pembangunan ITF sudah dimulai tidak ada lahan pengganti yang cukup untuk penampungan sampah dan gerobak sampah yang digunakan untuk mengangkutnya.

Gerobak sampah itu biasanya digunakan untuk mengangkut sampah dari pemukiman warga untuk kemudian dikumpulkan pada satu lokasi untuk diangkut ke truk.

Proses pengangkutan yang masih dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia membuat prosesnya menjadi lama dan kurang efisien.

Danang menyampaikan, pihaknya telah mengatur pengangkutan sampah dilakukan setiap pagi pukul 07.30 pagi hingga sekira 08.30 WIB.

Halaman
12
Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved