Pemilu 2019

4 dari 14 Ahli Waris Anggota KPPS di Jakarta Timur Sudah Terima Dana Santunan

Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana mengatakan hingga kini ada sudah empat dari total 14 ahli waris KPPS di Jakarta Timur yang mendapatkan dana.

4 dari 14 Ahli Waris Anggota KPPS di Jakarta Timur Sudah Terima Dana Santunan
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
KPU RI saat memberikan santunan kepada ahli waris anggota KPPS Kota Bekasi yang meninggal dunia, Jumat (12/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Setelah menanti cukup lama, ahli waris anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang gugur dalam Pemilu 2019 akhirnya mendapat dana santunan.

Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana mengatakan hingga kini ada sudah empat dari total 14 ahli waris KPPS di Jakarta Timur yang mendapatkan dana santunan dari KPU RI.

"Sudah empat ahli waris yang mendapat dana santunan, penyerahan dana santunan dari KPU RI melalui buku tabungan," kata Wage di Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (8/8/2019).

Mereka yakni almarhum H. Rosidi KPPS Kelurahan Lubang Buaya, Rudi Mulia Prabowo KPPS Kelurahan Pisangan Baru, Ahmad Farhan KPPS Kelurahan Rawabunga, dan Mardjuki PPS Kelurahan Pulogebang.

Meski baru semua mendapat dana santunan, Wage memastikan seluruh ahli waris yang lolos verifikasi mendapat dana santunan.

"Penyerahan dana santunan dari KPU RI nya bertahap, total ada 14 anggota KPPS di Jakarta Timur yang ahli warisnya sudah diversifikasi," ujarnya.

Secara keseluruhan, Wage menyebut ada 17 anggota KPPS jajaran KPU Jakarta Timur yang meninggal karena diduga kelelahan saat bertugas sebagai penyelenggara Pemilu 2019.

Namun tiga anggota KPPS yang gugur tersebut karena mereka meninggal setelah masa tugasnya sebagai anggota KPPS atau anggota ad hoc KPU RI.

"Enggak lolos verifikasi karena waktu meninggalnya lewat masa tugas sesuai SK pengangkatan sebagai anggota KPPS. Tapi ahli warisnya sudah dikasih tahu," tuturnya.

Sebagai informasi, pemerintah melalui Kementerian Keuangan menyetujui permintaan KPU RI agar seluruh pahlawan demokrasi yang gugur selama Pemilu 2019 mendapat santunan.

Yakni Rp 36 juta bagi anggota yang meninggal dan cacat permanen, Rp 16,5 juta untuk anggota yang mengalami luka berat, dan Rp 8,25 juta bagi yang mengalami luka sedang.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved