Kongres PDIP di Bali

Ditawari Empat Menteri, Megawati ke Jokowi: Jumlah Menteri PDIP Harus Terbanyak

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri blak-blakan agar menteri dari partainya lebih dari empat.

Ditawari Empat Menteri, Megawati ke Jokowi: Jumlah Menteri PDIP Harus Terbanyak
ISTIMEWA/Tangkap layar Kompas TV
Megawati Soekarnoputri dalam Kongres V PDIP di Grand Inna Beach Hotel, Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM, BALI - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri blak-blakan agar menteri dari partainya lebih dari empat.

Hal itu disampaikan Megawati dalam pidato politiknya di Kongres V PDIP di Grand Inna Beach, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019).

Mulanya, Megawati bercerita PDIP memutuskan menjadi partai oposisi ketika Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla sebagai pemenang di Pilpres 2004.

"Waktu Presiden Pak SBY, saya bilang ke beliau. 'Pak saya enggak masuk kabinet.' Ditawari delapan atau berapa menteri. Sepuluh tahun hidup juga kok," ungkap Megawati.

Saat itu tak sedikit kader PDIP menggerutu karena Megawati menolak menyodorkan kadernya untuk menjadi menteri di era pemerintahan SBY.

Gerutuan para kader dibalas oleh Megawati. "Kalau elo kepingin jadi menteri keluar dari PDI Perjuangan. Gak pateken," jawab Megawati.

Setelah menyinggung soal kekalahannya dan PDIP menjadi partai oposisi selama 10 tahun, Megawati meyakinkan kadernya bahwa partai tetap lanjut.

Nah, saat Jokowi kembali terpilih periode kedua bersama KH Maruf Amin, Megawati meminta agar menteri dari PDIP harus banyak.

"Kalau nanti Pak Jokowi mesti ada menterinya, mesti banyak. Orang kita (PDIP) pemenang dua kali? Betul apa tidak? Saksikan ya," ungkap Megawati yang diiyakan para kader peserta Kongres.

"Jangan nanti, Ibu Mega, saya kira karena PDI Perjuangan sudah banyak kemenangan, sudah ada di DPR, nanti saya kasih cuma empat ya? Emoh, tidak mau, tidak mau, tidak mau," ucap Megawati.

Halaman
12
Penulis: Y Gustaman
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved