Pedagang Hewan Kurban di Matraman Nekat Berjualan di Atas Trotoar

Abdul Aziz (23), salah satu pemilik lapak usaha di lokasi tersebut mengatakan dirinya sudah diimbau oleh Satpol PP Kecamatan Matraman

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Abdul Aziz, penjual hewan kurban di Jalan Kayu Manis Timur, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (8/8/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Masih berdagang di trotoar dan di atas saluran phb, penjual hewan kurban di Matraman diduga dimintai pungutan liar atau pungli oleh Satpol PP.

Beberapa waktu lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang pedagang hewan kurban untuk berjualan di sepanjang trotoar. Sebab akan mengganggu pengguna jalan, khususnya para pejalan kaki.

Untuk itu, beberapa petugas melakukan sosialisasi tentang larangan ini di wilayahnya masing-masing.

Abdul Aziz (23), salah satu pemilik lapak usaha di lokasi tersebut mengatakan dirinya sudah diimbau oleh Satpol PP Kecamatan Matraman untuk tidak berjualan di atas trotoar.

Namun imbauan ini dikatakannya berujung pada permintaan 'uang damai'.

"Ada satpol PP datang dan bilangin kita menyalahi peraturan. Dari situ ngoceh aja tuh orangnya padahal kita udah enggak jualan di trotoar. Kalau yang di atas aliran kali enggak tahu kita, ternyata ga boleh. Di situ saya arahin ke bapak, Oman Suherman dan baru diem pas di kasih duit. Ibaratnya uang rokok lah masih wajar," katanya saat ditemui, Kamis (8/8/2019).

Ini Dia Tanggapan Kasatpol PP Matraman Terkait Dugaan Pungli Yang Dilakukan Anggotanya

Aziz setiap harinya bergantian menjaga hewan kurban di lokasi tersebut. Sehingga ia mengatakan tahu betul maksud para petugas datang ke lapaknya. Ia sudah membantu sang ayah untuk berjualan hewan kurban selama 20 tahun.

Pantauan TribunJakarta.com, ketika melintasi Jalan Kayu Manis Timur, Matraman, Jakarta Timur tepatnya setelah Alfamart, maka akan nampak sejumlah pedagang hewan kurban.

Beberapa kambing kurban terlihat di ikat dan berada di atas trotoar. Bahkan dedaunan untuk hewan tersebut nampak diletakan di trotoar.

Selain itu, ada juga beberapa hewan yang berada di atas saluran phb seperti sapi dan kambing.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved