Penguatan Sistem Kelistrikan Jakarta -Bekasi, PLN Kebut Pengoperasian Gardu Induk Muara Tawar

Upaya penguatan sistem kelistrikan terus dilakukan PLN terutama untuk wilayah DKI Jakarta dan Bekasi.

Penguatan Sistem Kelistrikan Jakarta -Bekasi, PLN Kebut Pengoperasian Gardu Induk Muara Tawar
ISTIMEWA/Dokumentasi Humas PLN
Sejumlah pekerja melakukan pengerjaan proyek Gardu Induk Muara Tawar di Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, TARUMAJAYA - Upaya penguatan sistem kelistrikan terus dilakukan PLN terutama untuk wilayah DKI Jakarta dan Bekasi.

Salah satunya pembangunan Gardu Induk Muara Tawar di Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

General Manager PT PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (JBB), Ratnasari Sjamsuddin, mengatakan, Gardu Induk Muara Tawar ini dibangun sejak Juni 2016.

Gardu induk ini akan mendapat suplai listrik dari Pembangkitan Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Tawar untuk keandalan sistem kelistrikan DKI Jakarta dan Bekasi.

"Pengoperasian Gardu Induk 150 kV Muara Tawar berkapasitas 2 X 60 MVA ini akan mendapatkan supplai dari 2 unit Interbus Transformator (IBT) 500kV PLTGU Muara Tawar dan kemudian disalurkan ke 4 Gardu Induk lainnya sebagai pendukung peningkatan kehandalan kelistrikan," kata Ratna dalam keterangan tertulis yang diterima TribunJakarta.com, Kamis (8/8/2019).

Ratna menjelaskan, saat ini proses pengerjaan infrastuktur masih terus dikebut, pihaknya menargetkan Gardu Induk Muara Tawar dapat segera beroperasi awal 2020 mendatang.

Adapun ruang lingkup proyek pembangunan di Muara Tawar ini terbagi menjadi 2 proyek, Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) 500 kV Muara Tawar dan Gardu Induk 150 kV Muara Tawar.

"Pengerjaannya dibawahi oleh PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) dengan pelaksanaan oleh PLN Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa Bagian Barat (UPP JJBB) 2," jelas dia.

Tiga Kurir Narkoba Jaringan Lapas Ditangkap Saat Hendak Transaksi Sabu

Westlife & Nostalgia Konser di Indonesia, Shane Puji Nasi Goreng, Mark Kepedasan Makan Sop Buntut

Ratna menambahkan, Proyek ini merupakan perwujudan nyata program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW.

"Penyelesaian proyek Gardu Induk 150 kV Muara Tawar akan memberikan manfaat besar bagi keandalan sistem kelistrikan di DKI Jakarta dan Bekasi serta menyokong kebutuhan listrik masyarakat DKI Jakarta dan Bekasi yang kian hari terus bertambah," tegasnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved