Murid di Nara Kreatif Mayoritas Anak-anak yang Putus Sekolah Akibat Perceraian Orangtua

Menurutnya, dari total 615 warga sekolah, setengahnya merupakan anak-anak yang putus sekolah akibat peeceraian orang tua.

Murid di Nara Kreatif Mayoritas Anak-anak yang Putus Sekolah Akibat Perceraian Orangtua
TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Manajer sekolah Nara Kreatif Ani Nur Sri Rezeki, Jumat (9/8/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Manajer sekolah Nara Kreatif Ani Nur Sri Rezeki mengatakan faktor perceraian orang tua jadi faktor utama anak-anak putus sekolah.

Menurutnya, dari total 615 warga sekolah, setengahnya merupakan anak-anak yang putus sekolah akibat peeceraian orang tua.

"Saat ini ada 615 anak yang kita sebut warga sekolah. 50% dari mereka putus sekolah karena perceraian orang tua. Kemudian 30% karena faktor ekonomi dan 20% karena faktor pernikahan dini dan kenakalan remaja," ungkapnya di Kramat Jati, Jumat (9/8/2019).

Latar belakang, intelektual dan lingkungan yang berbeda membuat para tenaga pengajar perlu melakukan pendekatan yang berbeda.

Mereka harus merangkul dan membimbing para warga sekolah sampai menjadi teman yang akrab untuk mengetahui masalah yang dihadapi tiap anak.

"Enggak semuanya mudah didekati. Jadi kitanya harus rangkul dan jadi kayak teman. Kalau udah begitu kita akan tau alasan mereka putus sekolah. Dan, memang imbas perceraian orang tua membuat diri mereka bingung ingin ke arah mana," sambungnya.

Jelang Persija Vs Bhayangkara FC, Macan Kemayoran Diterpa Isu Konflik Bruno Matos dan Julio Banuelos

Saat ini terdapat 25 tenaga pengajar yang berasal dari regular atau mengirim lamaran langsung dan tenaga pengajar dari kerjasama antar perusahaan atau lembaga.

Tiap pengajar nantinya akan melakukan evaluasi tiap bulannya untuk melihat perkembangan tiap warga sekolah dan potensi yang dimiliki.

Bila ada yang memiliki potensi lebih dan berprestaai maka akan dipilih untuk berkuliah gratis dari dana donatur.

Selain itu, fokus nara kreatif ialah pada pendidikan masyarakat yang berkeinginanan untuk tetap sekolah. Sehingga berapapun umur mereka dan latar belakangnya selalu ditampung di Nara Kreatif.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved