Breaking News:

Nara Kreatif Berhasil Berikan 104 Ijazah dari Sekolah Paket Gratis ke Anak Kurang Mampu

Nara Kreatif ialah kewirausahaan sosial yang menjawab permasalahan angka putus sekolah melalui bisnis pengelolaan lingkungan

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Rosim, pendamping asrama di Nara Kreatif, Jalan Bumi Pratama III Blok K RT 6/6, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (9/8/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI- Enam tahun berdiri, Nara Kreatif berhasil berikan 104 ijazah bagi warga belajar yang putus sekolah.

Nara Kreatif ialah kewirausahaan sosial yang menjawab permasalahan angka putus sekolah melalui bisnis pengelolaan lingkungan.

Nara Kreatif yang terletak di Jalan Bumi Pratama III Blok K RT 6/6, Kramat Jati, Jakarta Timur ini memiliki visi menurunkan angka putus sekolah untuk masyarakat pra sejahtera, melalui sekolah kesetaraan dan keterampilan dasar dengan pemanfaatan sampah.

Pendamping asrama Nara Kreatif Rosim (36) mengatakan awal mulanya Nara Kreatif hanya berasal dari kampus saja. Kemudian berkembang hingga terdapat asrama dan sekolah.

"Awalnya itu founder kita, Ramadhan mendirikan ini berangkat dari program kampus di tahun 2012. Kemudian pada tahun 2013 mendapat legalitas dan lahirlah asrama," katanya saat ditemui, Jumat (9/8/2019).

22 Ribu Orang Diperkirakan Bakal Melaksanakan Salat Idul Adha di Jakarta Islamic Centre

Wakil Wali Kota Geram, Sebut PPI Tangsel Melewati Batas Dalam Melatih Calon Paskibraka

Awalnya hanya lima orang saja yang tinggal di asrama dan berasal dari Kelurahan Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur. Kemudian seiring berjalan waktu, para pengurus membuat spanduk yang bertuliskan sekolah paket A, B dan C gratis.

"Masih ditahun yang sama kita pasang spanduk dan ternyata banyak peminat. Kita hadirkan mulai dari paket A sampai C. Yang terpenting buat kita ada kemauan dari mereka untuk sekolah. Sebab kan Nara Kreatif berbeda dengan sekolah formal. Mereka yang terkendala di surat atau berkas tetap bisa bersekolah di sini," sambungnya.

Saat ini ada sekitar 30 anak asuh yang berada di asrama Nara Kreatif dan 615 warga belajar dengan usia mulai 8 tahun.

Selang 6 tahun berjalan, Rosim mengatakan sudah ada 104 ijazah yang diberikan mulai dari paket A-C.

Bahkan mereka yang menerima ijazah tersebut sudah bekerja, melanjutkan kuliah dan satu org diantaranya berinisial H sedang mengikuti pendidikan militer TNI AD di Jawa.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved