Wakil Wali Kota Jakut Minta Masyarakat Tidak Buang Limbah Hewan Kurban ke Saluran Air

Ia meminta panitia dan masyarakat menghindari penggunaan plastik dalam proses penyembelihan hingga pendistribusian hewan kurban.

Wakil Wali Kota Jakut Minta Masyarakat Tidak Buang Limbah Hewan Kurban ke Saluran Air
TribunJakarta.com/Afriyani Garnis
Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim saat melepas 141 petugas pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban di Halaman Lobby Barat, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (9/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengimbau kepada panitia pemotongan hewan kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik saat membagikan daging kurban ke masyarakat.

Ia meminta panitia dan masyarakat menghindari penggunaan plastik dalam proses penyembelihan hingga pendistribusian hewan kurban.

"Hindari penggunaan plastik dalam proses penyembelihan hewan kurban sampai pendistribusian daging kurban. Hal itu sebagai komitmen kita semua untuk bersama-sama mengurangi sampah plastik di wilayah Jakarta Utara. Masyarakat yang mendapatkan daging kurban bisa menggunakan wadah yang ramah lingkungan dan bisa digunakan kembali," kata Ali di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (9/8/2019).

Tidak sampai disitu, Wakil Wali Kota Jakarta Utara itu pun meminta limbah pemotongan hewan kurban juga harus dikelola dengan baik.

Jangan sampai dibuang ke saluran air, karena akan mencemari lingkungan sekaligus dapat menimbulkan penyakit.

Ali pun menyarankan agar limbah hasil penyembelihan hewan kurban itu untuk dikuburkan.

"Limbah darah dan kotoran hewan kurban tidak boleh dibuang di saluran air tapi harus dikubur dengan kedalaman tertentu. Itu penting sekali dilakukan biar tidak mencemari lingkungan dan menimbulkan penyakit," tegas Ali.

Wakil Wali Kota Geram, Sebut PPI Tangsel Melewati Batas Dalam Melatih Calon Paskibraka

Fakta-fakta Pelecehan Seksual di Bintaro Sektor 9, Kronologi Kejadian hingga Kesaksian Pedagang Kopi

Diketahui pada hari ini total sebanyak 127 ekor hewan kurban didistribusikan ke berbagai organisasi masyarakat seperti MUI, DMI, Bamus Betawi juga ke masyarakat yang membutuhkan di Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Rinciannya terdiri dari  11 ekor sapi dan 116 ekor kambing yang dihimpun dari jajaran Pemerintah Kota Jakarta Utara dan bebagai pihak di Jakarta Utara.

Ia juga menyampaikan, sosialisai seruan Gubernur nomor tahun 2019 juga telah disampaikan kepada kepada 200 pengurus pada 150 masjid di Jakarta Utara.

Saat penyaluran hewan kurban, Ali juga menyerahkan secara simbolis besek bambu kepada perwakilan penerima hewan kurban untuk digunakan sebagai alternatif wadah daging kurban yang nantinya akan didistribusikan.

Ali mengharapkan  mereka meneruskan ke masyarakat mensosialisasikan agar pemotongan hewan sesuai syariat dan tidak merusak lingkungan.

"Kita juga berharap para pengurus masjid agar mengimbau masyarakat agar membawa wadah dan tidak menggunakan plastik sekali pakai," imbaunya.

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved