Setelah Rampung Dibersihkan dari Tumpukan Sampah, Kali Bahagia Bekasi Dinormalisasi

sejauh ini proses pembersihan kali hanya menyisahkan pengangkutan sampah yang sudah dikeruk dari dalam kali dan diletakkan bibir sungai.

Setelah Rampung Dibersihkan dari Tumpukan Sampah, Kali Bahagia Bekasi Dinormalisasi
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Kondisi hilir Kali Bahagia Kecamatan Babelan Bekasi usai dibersihkan, Pemkab Bekasi melanjutkan kegiatan normalisasi. Sabtu (10/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEBELAN - Kali Bahagia di Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, kondisinya kian membaik usai proses pembersihan yang dilakukan pemerintah setempat dengan dibantu warga.

Tumpukan sampah sepanjang 1,5 kilometer yang sempat menutupi permukaan kali kini telah terangkut. Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Bekasi memperkirakan, tidak kurang 55 ton sampah berhasil dibersihkan dari dalam kali untuk selannutnya diangkut ke TPA Burangkeng.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto mengatakan, sejauh ini proses pembersihan kali hanya menyisahkan pengangkutan sampah yang sudah dikeruk dari dalam kali dan diletakkan bibir sungai.

"Tugas Dinas LH hanya tinggal mengangkut sampah yang ada dibibir sungai saja, karena kemarin truk kita tidak bisa masuk karena terkendala medan yang rumit," kata Dodi kepada TribunJakarta.com, Sabtu (10/8/2019).

Kali Bahagia yang sempat dipenuhi sampah kini mulai membaik usai dibersihkan petugas menggunakan alat berat sejak 1 Agustus 2019 lalu. Sabtu (10/8/2019).
Kali Bahagia yang sempat dipenuhi sampah kini mulai membaik usai dibersihkan petugas menggunakan alat berat sejak 1 Agustus 2019 lalu. Sabtu (10/8/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Masalah Kali Bahagia kata Dodi belum tuntas sepenuhnya, usai proses pengangkutan sampah ini, Pemkab Bekasi melanjutkan dengan penanganan normalisasi kali yang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

"Tugas selanjutnya adalah normalisasi, bagaimana lumpur dan tanaman yang merambat di atas permukaan kali itu dikeruk pakai alat berat, itu semua sudah wewenang PUPR, kegiatan rencana langsung dilakukan hari ini sampai benar-benar tuntas," ujar Dodi.

Pantauan TribunJakarta.com di Kali Bahagia Bekasi, titik tumpukan sampah di jembatan perbatasan Perumahan Sektor 5 dengan Perumahan Graha Persada Sentosa telah bersih.

Tumpukan sampah yang kemarin sempat memenuhi hampir sebagian besar permukaan kali kini telah diangkut.

Kali Bahagia kini nampak lebih elok ketimbang sebelumnya. Ditambah, jembatan di lokasi titik tumpukan sampah dicat berwarna merah putih menambah kesan rapih pada lingkungan sekitar kali.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved