Jumlah Pasien Timor Leste yang Berobat ke Rumah Sakit Siloam Meningkat Hingga 400 Persen

Namun, jumlah kenaikan tersebut bukan hanya di RS Siloam Karawaci melainkan jumlah akumulasi dari RS Siloam yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jumlah Pasien Timor Leste yang Berobat ke Rumah Sakit Siloam Meningkat Hingga 400 Persen
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Business Group Head Siloam Hospitals Group, Amelia Hendra saat ditemui di Siloam Karawaci, Senin (12/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Jumlah pasien dari negara Timor Leste yang ditangani oleh pihak Rumah Sakit Siloam terus bertambah tiap tahunnya.

Menurut Business Group Head Siloam Hospitals Group, Amelia Hendra, sejak bulan Januari 2019 hingga pertengahan tahun ini tercatat kelonjakan jumlah pasien asal Timor Leste yang berobat si RS Siloam mencapai 400 persen.

"Memang di tahun ini itu mereka dari Januari sampai Juni saja ada kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sudah meningkat 400-an persen lah," ujar Amelia saat dijumpai di Rumah Sakit Siloam Karawaci, Senin (12/8/2019).

Namun, jumlah kenaikan tersebut bukan hanya di RS Siloam Karawaci melainkan jumlah akumulasi dari RS Siloam yang tersebar di seluruh Indonesia.

Seperti Jakarta, Surabaya, Tangerang, dan Bali. RS Siloam sendiri memiliki 37 cabang di Indonesia.

Amelia meneruskan, beberapa penyakit serius dan lanjutan yang biasa ditangani Siloam kepada pasien Timor Leste seperti jantung, tumor, jantung anak, dan penyakit berat lainnya.

"Saat pasien mereka (Timor Leste) sudah tidak dapat ditangani lagi di sana, mereka butuh rujukan untuk rumah sakit yang lebih canggih, spesialis, dan komprehensif penangannnya. Seperti jantung anak, kita beruntung loh punya spesialis jantung anak, karena itu jarang sekali," ungkap Amelia.

Dikesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan Urusan Pengembangan Kesehatan Strategis Timor Leste, Bonifacio Mau Coli dos Reis mengungkapkan, Indonesia dinilai strategis sebagai negara rujukan.

Menurutnya, kesamaan bahasa dan jarak menjadi dua faktor utama banyak pasien yang dirujuk berobat ke Indonesia terutama Rumah Sakit Siloam.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved