INSA: Peran Swasta Dapat Meningkatkan Efektivitas

kedepannya diharapkan pemerintah juga memberikan peluang yang sama pada swasta nasional untuk mengembangkan dan memanage pelabuhan

INSA: Peran Swasta Dapat Meningkatkan Efektivitas
Tribunnews.com/Jeprima
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (7/3/2018). TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Peran dan keterlibatan swasta yang belum begitu signifikan dalam berbagai proyek nasional yang tengah getol-getolnya digenjot pemerintahan Jokowi-JK mesti diperhitungkan kembali. 

Misalnya saja pemberian porsi swasta dalam proyek yang berkaitan dengan sektor kepelabuhan yang belum begitu signifikan.

"Selama ini memang dimaklumi bahwa pemerintah menugaskan BUMN dalam pengembangan pelabuhan, karena percepatan pembangunan nasional," kata Ketua Umum DPP Indonesian National Shipowners Association (INSA), Carmelita Hartoto saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (12/08/2019).

Namun demikian, lanjut dia, kedepannya diharapkan pemerintah juga memberikan peluang yang sama pada swasta nasional untuk mengembangkan dan memanage pelabuhan.

"Tapi tentunya diharapkan, yang dikembangkan adalah project yang mempunyai nilai komersial, yang mempunyai return of investment yang cukup," ucap Carmelita.

Pembangunan Stasiun Telaga Murni Cibitung Dibiayai Swasta, Menhub Sebut Patut Dicontoh

Dikatakannya, BUMN mendapat penugasan karena pemerintah menghendaki percepatan pembangunan. Sehingga, lanjut dia, keterlibatan swasta saat itu hanya sebagai subkontraktornya.

"Kalau BUMN-nya bermasalah tentunya berimbas pada subkontaktor dan para pekerjanya," ujarnya.

Akan tetapi, menurutnya, kalau BUMN dikembalikan fungsinya sebagai agent of development, dimana bila sebuah project sudah berkembang secara komersial,

"Hendaknya diberikan pada swasta untuk dikelola, sehingga lebih efisien dan berdaya saing," tutur Carmelita.

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved