Anies Baswedan Temui Jokowi Bahas Formula E: Pak Presiden Sangat Mendukung

Gubernur Anies Baswedan menyebut, Presiden Joko Widodo mendukung langkah Pemprov DKI Jakarta yang akan menggelar Formula E.

Anies Baswedan Temui Jokowi Bahas Formula E: Pak Presiden Sangat Mendukung
Sam Bloxham/LAT/Formula E
2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Gubernur Anies Baswedan menyebut, Presiden Joko Widodo mendukung langkah Pemprov DKI Jakarta yang akan menggelar Formula E.

Hal ini ia ungkapkan usai siang tadi menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan.

"Tadi saya bertemu dengan Pak Presiden melaporkan tentang rencana penyelenggaraan Formula E dan beliau memberikan dukungan karena penting sekali buat Indonesia," ucapnya, Selasa (13/8/2019).

Dikatakan Anies, ada dua hal yang disinggung oleh Presiden Jokowi dalam pertemuan siang tadi, yaitu keuntungan yang bisa diukur secara ekonomis (tangible) dan tidak.

"Yang tangible itu, bisa menggerakan perekonomian meskipun penyelenggaraannya tentu ada biaya. Tapi pergerakan perekonomiannya dalam proyeksi konservatif saja diperkirakan Rp 1,2 triliun," ujarnya.

Sementara itu, aspek non-ekonomis yang bisa diperoleh ialah promosi Indonesia di mata dunia.

"Non-tangible itu adalah Indonesia terekspos di dunia internasional. Jakarta terekspos sebagai promosi untuk mengundang lebih banyak orang ke Indonesia," kata Anies di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

Iksan Si Tukang Jagal Cepat di Tanah Abang: Andalan Haji Lulung Hingga Jempol Nyaris Putus

TransPatriot Bekasi Tambah Dua Trayek Baru, Ini Rutenya

Tak hanya itu, Anies pun mengatakan, Presiden Jokowi berharap kedepannya Pemprov DKI bisa menggelar lebih banyak event internasional seperti ini.

"Beliau tadi sangat mendukung dan berharap hal-hal seperti ini lebih banyak lahi terjadi di Indonesia," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Premprov DKI Jakarta sendiri harus merogoh kocek hingga Rp 346 miliar demi menggelar ajang Formula E.

Nominal sebesar itu harus dibayarkan Pmeprov DKI Jakarta kepada Federasi Otomotif Dunia (FIA) sebagai uang jaminan atau commitment fee.

"Jumlahnya (commitment fee) sebesar 20 juta poundsterling atau untuk Formula E itu 24,1 juta dollar Amerika," ujarnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved