Kartu Identitas Anak Kabupaten Tangerang Bisa Dibuat di Rumah Makan Cepat Saji

Melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang, Pemerintahan Kota Tangerang menggandeng pengelola makanan cepat saji.

Kartu Identitas Anak Kabupaten Tangerang Bisa Dibuat di Rumah Makan Cepat Saji
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Booth Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang di tempat makan cepat saji, KFC Lippo Village, Kabupaten Tangerang, Jumat (15/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mempunyai cara unik untuk menggiring masyarakatnya membuat Kartu Identitas Anak (KIA).

Melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang, Pemerintahan Kota Tangerang menggandeng pengelola makanan cepat saji.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang, Syafrudin mengatakan untuk pendaftaran dan penyerahan berkas KIA dapat dilakukan di teras KFC Lippo Village, Kabupaten Tangerang.

"Kalau mau mendaftar bisa ke booth kami bawa berkas-berkas persyarakat KIA. Nanti akan dihubungi kalau kartunya sudah jadi dan bisa diambil di sini juga," ujar Syafrudin di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Kamis (15/8/2019).

Sebagai informasi, persyaratan untuk mengajukan KIA antara lain Kartu Keluarga yang asli, Akta Kelahiran, serta pas foto bagi anak usia lima tahun ke atas.

Untuk anak yang bertanggal lahir ganjil fotonya wajib berlatar belakang warna merah sedangkan, untuk tahun kelahiran yang genap latar belakang wajib berwarna biru.

Menurut Syafrudin, Disdukcapil bukan kali pertama bekerja sama dengan KFC di Lippo Village untuk membuka pelayanan pembuatan KIA.

Usai Buang Bayinya, Nuryatun Jadi Gelandangan Hingga ke Tanah Abang

Terdakwa Penjarah Amunisi Brimob Sepakat Tak Lakukan Eksepsi

Sebab, awal tahun 2019, jajarannya sudah membuka konter kecil di sudut KFC Paramont Serpong.

"Saat itu membludak, selama enam bulan ada 1.500 KIA yang kami cetak. Itu khusus pelayanan di KFC Paramont saja," sambung Syafrudin.

Sementara menurut Kasie Inovasi Pelayanan Bidang Pemanfaatan Data, Endang Tughyastuti, booth tersebut berlangsung hingga akhir pekan ini.

Lantaran banyaknya permintaan warga untuk membuka layanan di tempat umum seperti ini pada akhir pekan.

"Kami di sini sampai akhir pekan, kalau memang masih ada warga yang membutuhkan, tidak menutup kemungkinan pekan depan buka lagi," ungkap Endang.

Selain di restoran cepat saji, pelayanan serupa rencananya akan digelar di berbagai taman kanak (TK) atau serupa yang ada di Kabupaten Tangerang.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved