Cacing di Sumber Air Bersih Tangerang Berasal dari Filter Pipa, PDAM Terjunkan Tim Tanggap Darurat

Asisten Manajer Humas dan Pengaduan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ichsan Sodikin menerangkan, cacing sutera tersebut mengendap di pipa filter

Cacing di Sumber Air Bersih Tangerang Berasal dari Filter Pipa, PDAM Terjunkan Tim Tanggap Darurat
TribunJakarta/Ega Alfreda
PDAM Tirta Benteng membersihkan filter air tempat mengendapnya jentik cacing sutera, Jumat (16/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Pihak PDAM Tirta Benteng mengakui bahwa adanya cacing sutera yang terkandung di dalam air yang mengalir ke permukiman warganya.

Air PDAM Tirta Benteng yang mengandung cacing ditemukan antara lain di Perumahan Buana Gardenia, Komplek Kunciran Mas Permai, dan Pepabri, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Asisten Manajer Humas dan Pengaduan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ichsan Sodikin menerangkan, cacing sutera tersebut mengendap di pipa filter sejak jentik.

"Bukan cacing yang masuk ke pengolahan, cuma kuman dan jentik telur itu yang masuk ke dalam pengolahan ada di reservoir dan mengendap," jelas Ichsan saat ditemui di kantornya, Jumat (16/8/2019).

Menurutnya, hingga pagi tadi, PDAM Tirta Benteng sudah mengirim air bersih ke tiga lokasi tersebut yang masih terdampak cacing di air.

Sebanyak lima unit tangki air sudah mulai didistribusikan di mana satu tangkinya mampu menampung hingga 4.000 liter air bersih.

"Kita ada 5 tangki air yang mobile terus menerus untuk mengirim air bersih ke warga yang terdampak cacing. Kita juga ada tim 2 yang membersihkan filter yang ada jentik-jentiknya," jelas Ichsan.

PDAM Tirta Benteng pun menargetkan, seluruh warga yang terdampak tersebut bisa mendapatkan air bersih semuanya.

"Nanti sore lah InshaAllah sudah selesai semua. Sekarang sudah 89 persen lah kira-kira. Kita arahkan ke teknis dulu biar normal lagi, tim pertama sudah bersihkan reservoir, jaringan pipa, jaringan filter, dan membantu pihak PT. BHJ yang harusnya jadi tanggung jawab mereka," ungkap Ichsan.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved