Pemkot Jakarta Timur Janji Selesaikan Masalah Reklamasi di Tanah Rendah Akhir Minggu Ini

Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengatakan pada Minggu (18/8/2019) material tersebut akan selesai dibersihkan

Pemkot Jakarta Timur Janji Selesaikan Masalah Reklamasi di Tanah Rendah Akhir Minggu Ini
TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar saat pelaksanaan Biduk di Sekertariat RW 5 Kelurahan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (26/6/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Pemkot Jakarta Timur berjanji pada akhir minggu ini material puing yang berisi bebatuan dan karung di bantaran Kali Ciliwung selesai dibenahi.

Sebelumnya ramai diberitakan, sebagian warga bantaran Kali Ciliwung membuat perluasan daratan atau reklamasi di Jalan Tanah Rendah, Kampung Melayu, Jakarta Timur dengan menggunakan puing-puing sisa.

Mereka memperlebar lahan tempat tinggal dengan bebatuan dan karung pasir. Pelebaran yang mereka lakukan diketahui sampai sekira 5 meter menjorok ke arah sungai.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengatakan pada Minggu (18/8/2019) material tersebut akan selesai dibersihkan.

"Soal itu hari ini sudah saya kerjakan. Itu dibongkar dan dihancurin. Mana ada badan kali buat reklamasi, itu kan punya warga nyolong-nyolong waktu supaya mereka bisa bikin tempat untuk gubuk lagi di sana. Hari ini kita kerjakan, besok bentrok dengan perayaan HUT RI, InsyaAllah Minggu kita selesaikan," ucapnya saat ditemui usai menghadiri pengukuhan Paskibraka di Kantor Walikota, Jakarta Timur, Jumat (16/8/2019).

Menanam Pohon Dinilai Bukan Solusi untuk Kurangi Polusi Udara

M Anwar Kukuhkan 54 Anggota Paskibraka Jakarta Timur

Kurangnya pengawasan diakui Anwar sebagai faktor utama hal semacam ini bisa terjadi. Oleh sebab itu ia meminta jajarannya mulai dari Satpol PP, Sumber Daya Air (SDA) dan aparat lainnya dari sektor Kelurahan maupun Kecamatan untuk bersinergi melakukan pengawasan.

"Kalau ada pengawasan nanti begitu ketemu pelakunya kita akan lakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Untuk sanksinya nanti disesuaikan dengan aturan yang ada. Sebab kalau dari kita pengawasannya lemah kembali, nanti ketika musim hujan tiba kemudian banjir mereka juga saling menyalahkan," lanjut dia.

Saat ini Pemkot Jakarta Timur sedang mengupayakan relokasi bagi warga di bantaran Kali Ciliwung yang masih terkendala pembebasan lahan. Sebab pembebasan lahan bukanlah ranah Anwar melainkan pihak Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta.

Oleh sebab itu, Anwar mengimbau warganya untuk tidak lagi membuat reklamasi atau perluasan daratan. Sebab begitu ketahuan oleh jajarannya maka akan diberikan sanksi tegas untuk memberikan efek jera.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved