Perlu Tindakan Khusus, Aiptu Erwin Petugas Luka Bakar Amankan Demo Dirujuk ke Rumah Sakit Pertamina

Aiptu Erwin terpaksa kembali dirujuk karena RS Polri Kramat Jati tak memiliki ruang isolasi khusus untuk menangani pasien korban luka bakar.

Perlu Tindakan Khusus, Aiptu Erwin Petugas Luka Bakar Amankan Demo Dirujuk ke Rumah Sakit Pertamina
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Anggota Polres Cianjur Aiptu Erwin yang mengalami luka bakar saat tiba di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (15/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Aiptu Erwin Yudha yang menderita luka bakar 64 persen saat mengamankan demo mahasiswa depan Pendopo Pemkab Cianjur, Kamis (16/8/2019) kini tak lagi dirawat di RS Polri Kramat Jati.

Karumkit RS Polri Kramat Jati Brigjen Musyafak mengatakan anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Bojong Herang itu dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan.

Aiptu Erwin Yudha terpaksa kembali dirujuk karena RS Polri Kramat Jati tak memiliki ruang isolasi khusus untuk menangani pasien korban luka bakar atau kombisiol.

"Mengingat ini perlu penanganan khusus, ruangan khusus penanganan kasus luka bakar. Apalagi 64 persen, sehingga kami putuskan tidak dilakukan tindakan di sini," kata Musyafak di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (16/8/2019).

Ulah Pelempar Bensin 4 Polisi Jadi Korban Terbakar di Cianjur

Sejak kemarin malam atau beberapa jam setelah Aiptu Erwin tiba di Jakarta sekira pukul 17.08 WIB, pihak RS Polri telah berkoordinasi dengan RSPP.

Musyafak menuturkan Aiptu Erwin yang mengalami luka bakar paling parah di antara tiga rekan lainnya dalam insiden kemarin dirujuk sekira pukul 10.00 WIB.

"Kita rujuk ke RS yang memiliki ruangan isolasi penanganan kombisiol. Siang ini kami rujuk ke Pertamina, kami sudah koordinasi dengan RS Pertamina dari tadi malam," ujarnya.

Musyafak menyebut tim dokter RS Polri telah berupaya melakukan penanganan medis sampai akhirnya kondisi Aiptu Erwin stabil.

Di antaranya penggantian cairan imbas pembuluh darah melebar dan berakibat keluarnya cairan tubuh dan penanganan trauma inhalasi (pernapasan).

"Kondisi sekarang boleh dikatakan relatif stabil karena kasusnya tidak hanya luka bakar tapi juga trauma inhalasi. Ini yang barangkali perlu tindakan khusus," tuturnya.

Sebelumnya, Aiptu Erwin dibawa ke RS Polri Kramat Jati menggunakan ambulans RSUD Sayang Cianjur dengan pengawalan ambulans Dokkes Polres Cianjur.

Dia dan tiga rekannya sesama anggota Polres Cianjur mengalami luka bakar akibat mengamankan demo kelompok mahasiswa Cipayung Plus Cianjur

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved