Wali Kota Bekasi Sebut Wacana Jakarta Tenggara Lebih Relevan Dibanding Provinsi Bogor Raya

Rahmat menjelaskan, sejak dulu masyarakat Bekasi dengan Jakarta sudah saling bersinggungan dalam aktivitas sehari-hari

Wali Kota Bekasi Sebut Wacana Jakarta Tenggara Lebih Relevan Dibanding Provinsi Bogor Raya
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat dijumpai di Gedung DPRD Kota Bekasi di Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, Jumat (16/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menanggapi wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya yang belakangan ramai dibicarakan.

Namun, dia lebih setuju jika wilayah Bekasi masuk ke Provinsi DKI Jakarta yang selanjutnya disebut wilayah Jakarta Tenggara.

Rahmat menilai gagasan Jakarta Tenggara ini sudah ada dan pernah muncul. Wilayah Bekasi yang memang lebih dekat dengan Jakarta sangat identik baik dari segi kultur dan budaya di masyarakatnya.

"Ada yang gagas (wilayah Bekasi) jadi Jakarta Tenggara, karena kesamaan kultur, budaya," kata Rahmat saat dijumpai di Gedung DPRD Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, Jumat (16/8/2019).

Rahmat menjelaskan, sejak dulu masyarakat Bekasi dengan Jakarta sudah saling bersinggungan dalam aktivitas sehari-hari.

Selain itu, dari segi kebijakan pemerintah dua wilayah beda provinsi ini juga saling keterkaitan.

Dia menjelaskan, program-program kemitraan yang dijalin antara kedua daerah secara tidak langsung sudah menjadi suatu upaya DKI Jakarta memberikan kontribusi bagi masyarakat Bekasi.

Aiptu Erwin Yudha Menderita Luka Bakar 64 Persen, Mengakibatkan Kekurangan Cairan Tubuh

BKD DKI Jakarta Terapkan Absensi Scan Barcode Bagi Peserta Upacara HUT Kemerdekaan

"DKI itukan menyumbang ke kita (Bekasi) karena kemitraan, dari yang dulu disebut kota penyangga sekarang jadi kota mitra, infrastruktur yang dibangun di Jakarta paling tidak sama dengan apa yang dibangun di Bekasi seperti infrastruktur jalan, saluran air, penataan lingkungan dan sebagainya," ungkap Rahmat.

Untuk itu, gagasan Jakarta Tenggara akan sangat relevan bila dibanding wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya yang sempat disinggung Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Bupati Bogor Ade Yasin dimana, provinsi baru itu meliputi Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Bogor Timur, Bogor Barat, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved