HUT ke 74 RI

Jadi Irup Upacara HUT ke-74 RI, Anies Sebut Lahan Reklamasi Milik Negara Bukan Lahan Milik Pribadi

Anies Baswedan menyebutkan, di Kota Jakarta lah deklarasi penting yang menyangkut bangsa dan negara dilaksanakan.

Jadi Irup Upacara HUT ke-74 RI, Anies Sebut Lahan Reklamasi Milik Negara Bukan Lahan Milik Pribadi
TribunJakarta/Afriyani Garnis
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui usai upacara HUT ke-74 RI di Pulau Maju atau Pulau D hasil reklamasi Teluk Jakarta, Sabtu (17/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Pemerintah DKI Jakarta beserta jajarannya hari ini melaksanakan upacara HUT ke-74 RI di Pulau Maju atau Pulau D hasil reklamasi Teluk Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Upacara pun telah dimulai sejak pukul 07.30 WIB dan bendera pun berhasil dikibarkan oleh 54 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pukul 07.45 WIB. Dalam upacara tersebut, Gubernur Anies Baswedan bertindak sebagai inspektur upacara.

Anies Baswedan menyebutkan, di Kota Jakarta lah deklarasi penting yang menyangkut bangsa dan negara dilaksanakan. 

Menurutnya, kemerdekaan yang saat ini dirasakan, sebelumnya pernah diraih melalui perjuangan yang amat panjang.

"Perjuangan dan perngorbanan panjang para pahlawan dan pendiri negara denga segala keterbatasan yang mereka miliki membuahkan hasil: membebaskan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan, mewujudkan cita-cita mulia yaitu merdeka," kata Anies dalam sambutannya.

"Kemerdekaan adalag kebebasan untuk mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara, mewujudkan kesetaraan dan keadilan untuk semua,"  lanjut dia.

Dalam kesempatan itu Anies pun menegaskan bahwa lokasi tempat diadakan pada hari ini merupakan lahan milik Negara Republik Indonesia dan bukan lahan milik pribadi.

"Kita menyelenggarakan upacara secara khusus di lahan ini. Ini adalah lahan yang ketika proklamasi dikumandangkan, belum ada tanah ini. Ini adalah lahan baru. Tapi kita ingin kirimkan pesan kepada semua, bahwa ini bukan lahan milik pribadi. Ini adalah lahan milik Negara Republik Indonesia," tegas dia.

Upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Warga Padati Jalan Medan Merdeka

Insiden Salah Sebut Usia Indonesia Warnai Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi, Begini Reaksi Anies

Orang nomor satu di Jakarta itu pun meminta semua yang hadir dalam upacara tersebut turut menjadi saksi bahwa di Ibu Kota ada keadilan.

"Saudara-saudara sekalian turut menjadi saksi. Saudara-saudara sekalian turut menjadi bagian dari yang memastikan bahwa di Ibu Kota ada keadilan. Di Ibu Kota ada kepastian hukum. Dan insyaAllah ini akan bisa menjadi contoh bagi anak-anak kita dan anak-anak dari anak-anak kita," tutup dia.

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved