KCD Gelar Upacara di Kali Ciliwung, Pasukan Pengibar Bendera Hadir Menggunakan Perahu Karet

Upacara pun berjalan dengan hikmat, meski lokasinya berada didalam aliran Kali Ciliwung dan cuaca pun cukup terik menyinari seluruh peserta upacara.

KCD Gelar Upacara di Kali Ciliwung, Pasukan Pengibar Bendera Hadir Menggunakan Perahu Karet
TribunJakarta/Dwi Putra Kesuma
Upacara pengibaran sang saka merah putih di aliran Kali Ciliwung, Pancoran Mas, Kota Depok, Sabtu (17/8/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Komunitas Ciliwung Depok (KCD) tadi pagi menggelar upacara hari kemerdekaan untuk memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia.

Tak seperti upacara pada umumnya yang biasa berlangsung di lapangan atau sebidang tanah, KCD memilih Kali Ciliwung sendiri yang menjadi lokasi upacaranya.

Ketua KCD Taufik DS mengatakan, upacara di Kali Ciliwung tersebut telah rutin dilakukan sekiranya sejak enam tahun belakangan ini, sekaligus untuk mengajak masyarakat agar lebih peka terhadap kebersihan Kali Ciliwung.

“Nilai kejuangan tidak hanya berkobar dalam diri bangsa Indonesia saat merebut kemerdekaan, membebaskan Ciliwung dari kerusakan oleh alam dan perusakan juga menjadi nilai perjuangan itu,”  ujar Taufik usai upacara di Kali Ciliwung kawasan Grand Depok City, Pancoran Mas, Kota Depok, Sabtu (17/8/2019).

Pantauan TribunJakarta.com, upacara tersebut pun berjalan seperti upacara hari kemerdekaan pada umumnya.

Upacara tersebut juga dihadiri sejumlah tamu undangan, anggota komunitas, mahasiswa, anak sekolah, hingga masyarakat sekitar dan petugas kepolisian yang ikut serta dalam upacara tersebut.

Namun, yang membedakan dari upacara tersebut adalah kehadiaran tim pasukan pengibar bendera yang datang menggunakan perahu karet sambil menyusuri aliran Kali Ciliwung.

Upacara pun berjalan dengan hikmat, meski  lokasinya berada didalam aliran Kali Ciliwung dan cuaca pun cukup terik menyinari seluruh peserta upacara.

Ini Profil Salma El Mutafaqqiha Pembawa Baki Bendera Merah Putih Saat Upacara HUT ke-74 RI

Ramalan Zodiak Besok, Minggu 18 Agustus 2019: Virgo Gunakan Waktu dengan Bijak, Taurus Kebingungan

Pihak TMII Jamin Replika Garuda Pancasila Terbesar di Dunia Tahan Panas dan Hujan

Sebagai komunitas yang peduli terhadap lingkungan dan utamanya di aliran Kali Ciliwung, Taufik menjelaskan komunitasnya harus memiliki beragam kreatifitas agar masyarakat mau dan ikut serta berperan aktif untuk mengurangi pencemaran dan kerusakan Kali Ciliwung.

“KCD mempunyai visi mengajak masyarakat kampung di sepanjang alirannya untuk menjaga dan merawat Ciliwung mereka, karena kami menemukan beberapa fakta kerusakan lingkungan DAS Ciliwung,”ucapnya.

Penulis: Dwi putra kesuma
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved