HUT Kemerdekaan RI

Kisah Taman Makam Pahlawan Seribu di Tangsel, Juru Kunci Ungkap Arti Nama Pahlawan Serbu

Tangerang Selatan (Tangsel) khususnya wilayah Serpong dan sekitarnya, memiliki sejarah pertempuran mengusir tentara Belanda setelah kemerdekaan.

Kisah Taman Makam Pahlawan Seribu di Tangsel, Juru Kunci Ungkap Arti Nama Pahlawan Serbu
TRIBUNJAKARTA.COM/ JAISY RAHMAN TOHIR
Ilham Nurudin, juru kunci Taman Makam Pahlawan Seribu, Jalan Raya Serpong, Kademangan, Setu, Tangsel, Jumat (16/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SETU - Tangerang Selatan (Tangsel) khususnya wilayah Serpong dan sekitarnya, memiliki sejarah pertempuran mengusir tentara Belanda setelah kemerdekaan.

Pada pertempuran itu banyak jatuh korban hingga dibuatkan makam bernama Taman Makam Pahlawan Seribu.

Ratusan nisan merah putih berdiri rapih menandakan jasa para pahlawan yang ingin memerdekakan Indonesia 100% dari penjajah.

Sebagian dari nama para pahlawan itu pun diukir pada sebuah prasasti.

Perdana Pemprov DKI Gelar Upacara HUT ke-74 RI di Pulau Reklamasi

Ilham Nurudin, juru kunci makam pahlawan yang berlokasi di Jalan Raya Serpong, Kademangan, Setu, Tangsel itu menceritakan, saat itu adalah tahun 1946.

Masyarakat Banten berkumpul membentuk aliansi yang dinamakan Laskar Banten, bertekad untuk mengusir tentara penjajah itu dari Bumi Jawara.

"Warga masyarakat sipil khsusunya Banten, dalam Laskar Banten yang dipimpin langsung Haji Ibrahim, mereka beramai-ramai dari daerah Banten, Pandeglang, Serang, Rangkas Bitung, sampai ke daerah Sengkol, Serpong, Kademangan mereka jalan kaki sampailah di pertigaan Cisauk itu," papar Ilham di depan makam pahlawan itu, Jumat (16/8/2019).

Laskar Banten tiba dengan satu tujuan tanpa kompromi, tawaran Belanda agar mereka bisa tinggal pun ditolak, perang terjadi.

"Beberapa tentara Belanda yang masih sisa di situ, akhirnya perundingan, tidak lama terjadi pertempuran. Intinya mah mereka ini mengusir tentara Belanda yang masih tersisa di Serpong karena 1946 itu Indonesia sudah merdeka," jelasnya.

Taman Makam Pahlawan Seribu, Jalan Raya Serpong, Kademangan, Setu, Tangsel, Jumat  (16/8/2019).
Taman Makam Pahlawan Seribu, Jalan Raya Serpong, Kademangan, Setu, Tangsel, Jumat (16/8/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/ JAISY RAHMAN TOHIR)

15 Promo Makanan di 17 Agustus: Burger King Diskon 50% hingga Geprek Bensu Beli 1 Gratis 1

Halaman
12
Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved