HUT ke 74 Kemerdekaan RI

Puluhan Bocah Ikuti Lomba Panjat Pinang di Kanal Banjir Timur Festival

Meski berulang kali terjatuh karena batang pinang yang mereka panjat berlumur tanah merah basah para bocah itu tetap semangat.

Puluhan Bocah Ikuti Lomba Panjat Pinang di Kanal Banjir Timur Festival
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Para bocah saat mengikuti lomba panjat pinang di KBT Festival, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (18/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Puluhan anak yang tercatat pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti lomba panjat pinang di Kanal Banjir Timur (KBT) Festival.

Sejak lomba dimulai sekira pukul 13.30 WIB, mereka beradu kemampuan memanjat batang pinang yang bercokol di tepi KBT wilayah Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit.

"Ayo, tahan di atas. Jangan kasih kendor, sedikit lagi sampai itu. Yang di bawah juga tahan biar temanya bisa naik," kata seorang warga memberi semangat di Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (18/8/2019).

Meski berulang kali terjatuh karena batang pinang yang mereka panjat berlumur tanah merah basah para bocah itu tetap semangat.

Mereka menguasai licinnya batang pinang dengan cara membaluri tubuh dengan tanah merah kering yang terhampar di sekitar.

"Haikal dulu yang naik, habis itu baru zaki. Pelan-pelan naiknya, jangan injak kepala gue," ujar seorang bocah yang kebagian di posisi bawah.

Gani (34), warga Kelurahan Pondok Kopi mengatakan panitia memang memberi ruang agar lomba panjat pinang tak hanya diikuti orang dewasa.

Bedanya batang pinang yang diperuntukkan bagi anak-anak tak dilakukan di atas aliran air KBT sebagaimana lomba orang dewasa.

"Jadi ada tiga kelas, 4 tiang untuk dewasa umum yang di air. Dua tiang di pinggir, satu buat yang masih SD, satu buat yang sudah SMP," tutur Gani.

Hadiah yang menanti kelompok pemenang di puncak di antaranya sepeda, kipas angin, dan berbagai perobat rumah tangga.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved