BPN Kota Bekasi Masih Kaji Tuntutan Pembuatan Status Quo Lahan Irigasi Jakasetia

Kantor BPN Kota Bekasi masih mengkaji surat tuntutan warga korban gusuran di Kampung Bulak, Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

BPN Kota Bekasi Masih Kaji Tuntutan Pembuatan Status Quo Lahan Irigasi Jakasetia
TRIBUNJAKARTA.COM/Yusuf Bachtiar
Aksi unjuk rasa warga korban gusuran Pekayon-Jakasetia di depan Kantor BPN Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin (19/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi masih mengkaji surat tuntutan warga korban gusuran di Kampung Bulak, Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Surat tuntutan yang diajukan warga berupa menerbitan status quo atas lahan yang sudah digusur sejak 2016 silam oleh pemerintah setempat.

Kepala seksi penanganan masalah dan pengendalian pertanahan, Fathahuri mengatakan, pihaknya baru menerima surat tuntutan yang diajukan Forum Korban Penggusuran Bekasi (FKPB) Pekayon-Jakasetia pada Rabu, (14/8/2019).

"Kita sedang mengkaji, kita mencari data baik data fisik maupun data ruang sesuai dengan administrasi, tapi ini kan suratnya baru masuk kan, baru 5 hari masih kita kaji tentu nanti kita jawab secara tertulis," kata Fathahuri, Senin (19/8/2019).

Adapun dalam surat tuntutan, warga meminta keterbukaan informasi publik terkait status lahan di Jalan Irigasi RT02/17, Kampung Poncol, Bulak, Jakasetia, lalu yang kedua di Jalan Irigiasi, RT03/02, Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

BPN Kota Bekasi berdalih, pihaknya berdasarkan surat tuntutan memiliki tenggang waktu 10 hari dari pertama kali surat diterima.

Adapun untuk status lahan irigasi, Fathahuri belum dapat menjelaskan secara detil apakah lahan itu bersertifikat atau tidak.

"Kita kaji dulu cari datanya, kita enggak ada kaitannya dengan penggusuran yaang ada kaitannya dengab kita itu hak atas tanah," tegas dia.

Adapun hari ini, massa korban penggusuran Pekayon-Jatiasih menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor BPN Kota Bekasi, di Jalan Chairil Anawar, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin (19/8/2019).

Halaman
1234
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved