Rusuh di Manokwari, Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Tak Umbar Pernyataan yang Bisa Menyulut Emosi

Tjahjo meminta para kepala daerah dan pejabat terkait untuk tidak mengumbar pernyataan yang bisa menyulut emosi warga.

Rusuh di Manokwari, Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Tak Umbar Pernyataan yang Bisa Menyulut Emosi
KOMPAS.com/BUDY SETIAWAN
Aksi blokade jalan oleh masyarakat Papua di Manokwari, terhadap kasus diamankannya 43 mahasiswa di Surabaya, Senin (19/8/2019). (KOMPAS.com/BUDY SETIAWAN) 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta para pejabat untuk tidak memperkeruh suasana terkait dugaan tindakan persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa asal Papua di Jawa Timur.

Tjahjo meminta para kepala daerah dan pejabat terkait untuk tidak mengumbar pernyataan yang bisa menyulut emosi warga.

Seperti diketahui dugaan tindakan persekusi dan rasisme di Surabaya menyulut kerusuhan di Manokwari, Papua Barat hingga terjadi pembakaran Gedung DPRD Papua Barat oleh massa.

“Intinya satu, kami meminta pejabat dari gubernur, wali kota, dan bupati beserta perangkat untuk tidak mengumbar pernyataan yang menimbulkan emosi warganya. Begitu juga tokoh masyarakat dan tokoh adat yang menjadi panutan masyarakat,” ungkap Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

Tjahjo mengatakan pihaknya sudah melakukan monitoring sejak memanasnya situasi di Malang dan Surabaya yang melibatkan mahasiswa asal Papua.

“Kami bersama Kesbangpol, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, dan Forkompimda sudah membentuk tim monitoring sejak munculnya pernyataan di Malang dan aktivitas-aktivitas di Jawa Timur,” terang Tjahjo.

Polisi Usut Akun Medsos yang Picu Kerusuhan di Manokwari

Kronologi Kerusuhan di Manokwari Hingga Dibakarnya Gedung DPRD

Ia pun memerintahkan masing-masing kepala daerah untuk meakukan monitor dan pengendalian di wilayah masing-masing atas makin memanasnya situasi.

Tjahjo juga mengusulkan agar kepala daerah terkait untuk membentuk tim.

“Kami mengusulkan agar Gubernur Papua Barat dan Jawa Timur untuk membentuk tim. Semula kami panggil ke Jakarta tapi kami perintahkan kembali ke wilayah masing-masing untuk menenangkan situasi,” pungkas Tjahjo.

Mendagri siang ini bersama Menko Polhukam juga menggelar rapat untuk membahas situasi keamanan di Jawa Timur dan Papua Barat.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Terkait Kerusuhan di Manokwari, Mendagri Minta Kepala Daerah Tak Perkeruh Situasi

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved