Pemkab Bogor Diminta Turut Menyelesaikan Masalah Pencemaran Kali Bekasi

Dia meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor agar duduk bersama menyelesaikan permasalahan yang sudah terjadi setiap tahun.

Pemkab Bogor Diminta Turut Menyelesaikan Masalah Pencemaran Kali Bekasi
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi Reny Hendrawati saat dijumpai di Islamic Centre Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Rabu (21/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Masalah pencemaran limbah di Kali Bekasi kian memprihatinkan, kondisi kali sejak kurang lebih satu minggu lalu berwarna hitam pekat dan menimbulkan bau tidak sedap.

Limbah ini disinyalir bermasalah dari hulu sungai yang berada di wilayah Kabupaten Bogor.

Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Reny Hendrawati mengatakan, masalah pencemaran limbah di Kali Bekasi tidak bisa dilakukan secara sepihak.

Dia meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bogor agar duduk bersama menyelesaikan permasalahan yang sudah terjadi setiap tahun.

"Gini kalau bicara Kali Bekasi ini kan ada hulu dan hilir, tadi saya sampaikan ke LH (Lingkungan Hidup), sekarang begini saja kalau yang gerak hanya tim dari Kota Bekasi enggak akan selesai, saya minta undang saja dari Kabupaten Bogor, duduk bersama bentuk timnya," kata Reny saat ditemui di Islamic Centre Bekasi, Rabu (21/8/2019).

Musim Kemarau, Waspada Penyakit Ini Rawan Menyerang Anak

Sebuah Mobil Tertimpa Pohon di Halaman Parkir Universitas Pancasila, Satu Orang Meninggal Dunia

Dia menambahkan, Dinas LH Kota Bekasi telah melakukan serangkaian upaya dalam menindak praktik pencemaran lingkungan di wilayah setempat.

Tapi, hal itu tidak akan berarti jika ternyata pencemaran limbah sudah terjadi di aliran Sungai Cileungsi yang merupaka hulu dari Kali Bekasi.

"Karena ternyata air (limbah) bukan dari kita, tapi sumbernya dari hulu (kab bogor) kalau cuma mereka telpon ke dinas kab bogor misalnya kan mereka gak bisa bergerak juga," jelas dia.

Reny ingin ada semacam kerja sama antara Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor yang tertuang dalam bentuk program.

Program ini nantinya akan berisi pembagian tugas masing-masing wilayah agar sama-sama bisa mencegah atau menindak pelaku pembuang limbah yang menyalahi aturan.

"Jadi semacam buat kerja sama apa yang harus dikerjakan mereka (Kabupaten Bogor) dan apa yang harus dikerjakan kita, itu yang saya sampaikan ke LH. Soalnya kalau cuma kita aja yang nyelesaikan gak akan tuntas," tegas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved