Senang Berburu dan Kumpulkan Sampah, Bayu Siswa SMP Asal Bali Bisa Mandiri Beli Kebutuhan Sekolah

Karena dikelola dengan sistem perbankan, Bank Sampah akan memberikan buku tabungan kepada nasabah yang menyetorkan sampah-sampah.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Sampah plastik, merupakan permasalahan yang nampaknya menjadi cukup serius di lingkungan.

Selain sulit terurai, sampah plastik juga termaksud dalam golongan sampah yang paling banyak disumbangkan oleh seluruh masyarakat khususnya di Indonesia.

Bayu, siswa SMP asal Provinsi Bali memutuskan untuk memilah-milah sampah dan membawanya ke Bank Sampah. Kebiasaan ini, ia lakukan sejak duduk di bangku kelas 5 SD.

Rumahnya yang saat itu berada di dekat tempat pembuangan sampah, membuat Bayu tampak tak nyaman melihat banyak sampah plastik berserakan di sekitarnya.

Iming-iming bisa mendapat uang tabungan dari hasil mengumpulkan sampah, ia pun memilah sampah tersebut hingga membawa ke bank sampah.

"Dulu waktu masih SD, rumah Bayu kan dekat TPA. Kotor banyak sampah jadi Bayu ngumpulin sampah dari situ buat dibasa ke bank sampah. Lalu pas akhir tahun, di sekolah ada reward. Bagi yang bisa nabungnya paling banyak, akan dikasih hadiah," kata Bayu di Gatot Subroto, Selasa (20/8/2019).

12 Bulan Menabung di Bank Sampah, Nasabah Bisa Wujudkan Keinginan Berlibur ke Luar Negeri Gratis

Bank sampah sendiri, merupakan sebuah tempat pengumpulan sampah yang sudah dipilah-pilah. Biasanya, sampah seperti botol plastik, botol kaca, kaleng, atau kertas bisa ditampung di Bank Sampah.

Hasil dari pengumpulan sampah tersebut, nantinya akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan sehingga sampah-sampah itu bisa didaur ulang kembali.

Karena dikelola dengan sistem perbankan, Bank Sampah akan memberikan buku tabungan kepada nasabah yang menyetorkan sampah-sampah.

Halaman
123
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved