Warga RW 05 Kelurahan Balekambang Belum Dapat Sosialisasi Normalisasi Ciliwung

Ketua RT 05 Eko Sulistyo (37) mengatakan hingga kini belum ada pemberitahuan dari pemerintah setempat terkait nasib warganya

Warga RW 05 Kelurahan Balekambang Belum Dapat Sosialisasi Normalisasi Ciliwung
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Permukiman warga RW 05 Kelurahan Balekambang di bantaran Sungai Ciliwung, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (21/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Permukiman warga RW 05 Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati merupakan satu wilayah terdampak proyek normalisasi Sungai Ciliwung yang dilanjutkan kembali tahun 2020.

Meski pembebasan lahan yang dananya sudah disiapkan Pemprov DKI Jakarta ditarget selesai tahun ini, warga RW 05 belum mendapat sosialisasi resmi terkait pembebasan lahan.

Ketua RT 05 Eko Sulistyo (37) mengatakan hingga kini belum ada pemberitahuan dari pemerintah setempat terkait nasib warganya yang bermukim di bantaran Sungai Ciliwung.

"Dengar mau ada normalisasi lagi sudah, tapi sosialisasi secara resmi dari Kelurahan atau pemerintah belum ada. Kalau dulu sebelum normalisasi terhenti kan ada sosialisasi resmi," kata Eko di Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (21/8/2019).

Menurutnya sosialisasi kepada warga RW 05 yang rumahnya digusur untuk normalisasi Ciliwung terakhir dilakukan sekitar tahun 2016.

Kala itu, Eko menuturkan sedikitnya ada tiga RT yang sejumlah warganya terdampak normalisasi Ciliwung yang proyeknya dihentikan Pemprov DKI tahun 2017.

"Di RW 05 yang saya tahu kena gusur RT 05, RT 07, RT 03, dan RT 09. Kalau yang warganya paling banyak kena gusur itu RT 05 dan RT 07, tapi habis sosialisasi kan proyeknya enggak jadi sampai sekarang," ujarnya.

Sedikitnya, Eko menyebut ada 20 bidang tanah di RT 05 yang berada di bantaran sehingga terdampak proyek normalisasi Ciliwung.

Lantaran normalisasi terhenti, dia mengaku Pemprov DKI kala itu belum sampai kepada negosiasi besaran uang ganti rugi.

Dua Kepala Daerah Duduk Bareng Bahas Jam Operasional Truk Raksasa di Tangerang

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved