Daripada Normalisasi, Warga Sarankan Pemerintah Keruk Sungai Ciliwung

Dia yakin mengeruk Ciliwung ampuh meniadakan banjir karena tahun 2017 rumahnya tak kebanjiran meski berjarak tak sampai 10 meter dari Ciliwung.

Daripada Normalisasi, Warga Sarankan Pemerintah Keruk Sungai Ciliwung
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Permukiman warga RW 05 Kelurahan Balekambang di bantaran Sungai Ciliwung, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (21/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Warga RW 05 Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati yang bermukim di bantaran Sungai Ciliwung tak setuju dengan dilanjutkannya proyek normalisasi Ciliwung tahun 2020.

Satria (30), warga RW 05 yang bermukim di bantaran Ciliwung berpendapat ada cara lain selain normalisasi yang harus menggusur rumah warga tapi tetap ampuh meniadakan banjir.

"Harusnya dikeruk saja, kalau sepanjang aliran Ciliwung dikeruk kan daya tampung debit air jadi lebih banyak. Jadi enggak harus normalisasi dan menggusur rumah warga," kata Satria di Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (22/8/2019).

Dia yakin mengeruk Ciliwung ampuh meniadakan banjir karena tahun 2017 rumahnya tak kebanjiran meski berjarak tak sampai 10 meter dari Ciliwung.

Kala itu, Satria menuturkan Pemprov DKI mengeruk dan mengerahkan sekitar lima beko mengeruk endapan lumpur di sepanjang aliran Sungai Ciliwung.

"Waktu itu pengerjaannya sekitar enam bulan, lahan wilayah Jakarta Selatan yang punya perusahaan itu juga dikeruk. Setelah pengerjaan itu luas Ciliwung tambah sekitar lima meter," ujarnya.

Menurutnya pengerukan yang dilakukan Pemprov DKI itu berbuah manis mencegah banjir saat musim hujan tahun 2017 melanda.

Satria menyebut banjir yang melanda permukiman warga Kelurahan Balekambang usai pengerukan tak sampai satu setengah meter.

"Habis itu enggak banjir, cuma banjir sedikit doang. Beda sama tahun-tahun sebelumnya, makannya lebih bagus kalau sepanjang aliran Ciliwung dikeruk," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved