Kaltim Jadi Tempat Ibukota Baru: Gubernur Beri Peringatan ke Tuan Takur dan Keunggulan Kaltim

Isran sebelumnya juga sudah menegaskan bahwa pembangunan ibu kota bukan di kawasan hutan lindung Bukit Soeharto, tapi di sisi timur dan barat.

Kaltim Jadi Tempat Ibukota Baru: Gubernur Beri Peringatan ke Tuan Takur dan Keunggulan Kaltim
Rendering Monumen Pancasila(Kementerian PUPR).
Rendering Monumen Pancasila(Kementerian PUPR). 

TRIBUNJAKARTA.COM- Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan, penentuan ibu kota negara tidak dalam kawasan Taman Hutan Raya Bukit Soeharto, tapi di kawasan pinggiran.

Kemungkinan ada dua wilayah yang disasar, yakni sisi timur Bukit Soeharto mengarah ke pantai di wilayah Samboja Kutai Kertanegara dan sisi barat mengarah ke Penajam Paser Utara (PPU).

"Kalau ada yang bermain jadi tuan takur silakan. Selamat rugi. Apakah di sekitar Bukit Soeharto atau di PPU. Saya tidak sampaikan itu karena ada sesuatu yang tidak boleh disampaikan peta," ungkap Isran Noor saat dialog bersama Bappenas dan kepala daerah se-Kaltim di Hotel Swiss Bell, Balikpapan, Rabu (21/8/2019).

Namun, Isran enggan menyampaikan daerah mana yang pasti akan dipilih. Hal itu dilakukan untuk menghindari broker tanah.

Isran sebelumnya juga sudah menegaskan bahwa pembangunan ibu kota bukan di kawasan hutan lindung Bukit Soeharto, tapi di sisi timur dan barat.

"Pokoknya di Bukit Soeharto, tapi tidak di hutannya, di bagian timur dan barat. Hutan Bukti Soeharto akan jadi penyangga," tutur Isran di Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Senin (19/8/2019).

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengumumkan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Pulau Kalimantan.

Hal itu disampaikan dalam pidato kenegaraan dalam sidang bersama anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Namun, Jokowi belum menyebut jelas lokasi persis antara kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kertanegara di Kaltim, atau Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Hindari Broker

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor saat diwawancarai awak media, Rabu (14/8/2019), seusai penganugerahan Satya Lancana Karya di Odah Etam, Kantor Gubernur Jalan Gajah Mada, (KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATON)
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor saat diwawancarai awak media, Rabu (14/8/2019), seusai penganugerahan Satya Lancana Karya di Odah Etam, Kantor Gubernur Jalan Gajah Mada, (KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATON) ()
Halaman
1234
Penulis: erik sinaga
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved