Renovasi Masjid Istiqlal Tak Mengubah Fisik Bangunan

Didi mengatakan sejumlah fasilitas Masjid Istiqlal, mulai dari kubah, lantai dasar hingga lantai lima akan dikinclongkan atau diperbaiki

Renovasi Masjid Istiqlal Tak Mengubah Fisik Bangunan
TribunJakarta.com/Lita Febriani
Suasana Masjid Istiqlal H-2 menjelang Hari Raya Idul Fitri, Senin (3/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, SAWAH BESAR - Staf Protokol Masjid Istiqlal, Didi Hadian, menyebut Masjid Istiqlal ingin (dikinclongkan) dan tak akan merubah fisik bangunan tempat ibadah bersejarah tersebut.

"Istiqlal ini sedang direnovasi, tapi tidak merubah fisik bangunan. Istiqlal ini dikinclongkan saja," kata Didi, sapaannya, di area Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

Kepada TribunJakarta.com, Didi mengatakan sejumlah fasilitas Masjid Istiqlal, mulai dari kubah, lantai dasar hingga lantai lima akan dikinclongkan atau diperbaiki.

"Mulai kubah, lantai lima, empat, tiga, dua, satu, dan lantai utama koridor-koridor Masjid Istiqlal akan direvitalisasi," jelas Didi.

Didi melanjutkan, revitalisasi ini juga akan memperluas fasilitas lahan parkir kendaraan.

"Paling banyak nanti berubah itu, halaman parkir. Karena diperkirakan akan mampu menampung lebih dari 500 kendaraan mobil," tuturnya.

Hari ini, lanjutnya, Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, mengunjungi Masjid Istiqlal.

Didi menyebut, tujuan Jusuf Kalla ke Masjid Istiqlal yaitu untuk memantau proses revitalisasi bangunan bersejarah tersebut.

"Pak Jusuf Kalla ngin melihat progresnya, sudah sejauh mana renovasi Istiqlal," kata Didi.

Rahmat Effendi Rahasiakan Sosok yang Gulirkan Isu Penggabungan Bekasi dengan Jakarta

Kedatangan orang nomor dua RI tersebut, lanjutnya, tepat pada pukul 10.25 WIB dan didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin dan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin.

"Alhamdulillah, kami sangat senang dikunjungi mereka. Karena dengan begitu, mereka sangat perhatian dengan Istiqlal," jelasnya.

Didi berharap, agar proses revitalisasi Masjid Istiqlal dapat berjalan dengan lancar.

"Semoga proses revitalisasi ini dapat berjalan lancar dan baik. Dan insyaallah, akan selesai pada sekitar bulan Februari atau Maret 2021," tutup Didi.

Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved