Kelurahan Balekambang Tunggu BPN Data Rumah Warga Terdampak Normalisasi Ciliwung

Sekretaris Balekambang Benar Sigalingging mengatakan sebanyak 42 bidang lahan warga RW 01 di bantaran Ciliwung dipastikan tergusur

Kelurahan Balekambang Tunggu BPN Data Rumah Warga Terdampak Normalisasi Ciliwung
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Permukiman warga RW 05 Kelurahan Balekambang di bantaran Sungai Ciliwung, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (21/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Permukiman warga di Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati yang berada di bantaran Sungai Ciliwung termasuk satu wilayah yang bakal digusur demi proyek normalisasi Ciliwung.

Untuk tahap awal, Sekretaris Balekambang Benar Sigalingging mengatakan sebanyak 42 bidang lahan warga RW 01 di bantaran Ciliwung dipastikan tergusur.

"Yang 42 bidang di RW 01. Untuk Kelurahan Balekambang yang terdampak RW 01, RW 02, RW 04, dan RW 05," kata Benar saat dihubungi di Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (23/8/2019).

Namun hingga kini pihak Kelurahan Balekambang belum mengetahui pasti berapa total bidang lahan yang terdampak kelanjutan proyek normalisasi Ciliwung.

Benar menuturkan sejumlah bidang lahan di luar RW 01 sebenarnya sudah didata atau diinventarisasi oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Sebagian sudah ada, tapi sebagian lagi belum di minventarisasi oleh BPN. Yang inventarisasi dan buat peta bidang lahan BPN," ujarnya.

Benar menyebut pihak Kelurahan Balekambang bersifat menunggu hasil pendataan BPN sebelum melakukan verifikasi legalitas tanah milik warga.

Sementara anggaran biaya ganti rugi bidang lahan yang terdampak kewenangan Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pemprov DKI Jakarta.

"Pihak kelurahan sifatnya menunggu pendataan yang dilakukan BPN," tuturnya.

Kembar Siam Fadli dan Fadlan Menderit Dempet Kepala: Diurus Kakek Nenek dan Kini Terjangkit Hernia

Status Awas, Camat Pulogadung dan Lurah Halim Belum Terima Laporan Warga Yang Terdampak Kekeringan

Kejuaraan Dunia BWF 2019: Jonatan Christie Gemilang, Fajar/Rian Susul Ahsan/Hendra ke Perempat Final

Normalisasi Sungai Ciliwung merupakan hasil kerja sama Pemprov DKI dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sebelumnya dihentikan tahun 2017.

Secara keseluruhan, ada 118 bidang lahan di bantaran Ciliwung yang tersebar di empat kelurahan yakni, Kelurahan Tanjung Barat, Cililitan, Pejaten Timur, dan Balekambang.

"Untuk Kali Ciliwung ada 118 bidang di 2019. Total anggarannya sekitar Rp160 miliar," jelas Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Juaini Yusuf, Jumat (15/8/2019).

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved