Breaking News:

Replika Ikan Cupang Raksasa di Semanan Jakbar Pecahkan Rekor MURI

Pemkot Jakarta Barat mendapatkan penghargaan dari MURI atas pemecahan rekor pembuatan replika ikan cupang serit raksasa.

TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Replika ikan cupang raksasa dari buah-buahan yang mendapatkan rekor MURI. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KALIDERES -Pemkot Jakarta Barat mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas pemecahan rekor pembuatan replika ikan cupang serit raksasa.

Replika ikan cupang serit berukuran 5mx6m itu dibuat oleh petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat.

Uniknya, replika ikan cupang serit ini dibuat dari beraneka macam buah-buahan yang menghabiskan sebanyak 485 kilogram buah.

Angka tersebut terdiri dari 120 kilogram salak, 65 kilogram belimbing, 150 kilogram pisang, 90 kilogram apel, 40 kilogram kelengkeng dan 20 kilogram terong belanda.

Perpaduan buah-buahan itu ditata sedemikian rupa hingga menjadi bentuk ikan cupang serit, diantaranya pisang yang diletakan sebagai serit dari ikan cupang tersebut.

Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi menyebut dipilihnya cupang serit lantaran ikan tersebut merupakan salah satu logo Jakarta Barat bersama bunga anggrek dendrobium.

"Kenapa ikan cupang serit ini karena ini ikon Jakarta Barat bersama anggrek dendrobium, tapi sayang kita tidak ada replika anggrek baru ikan cupang saja. Mungkin nanti kedepan anggrek juga akan kita buat replikanya," kata Rustam usai menerima penghargaan MURI, Jumat (23/8/2019).

Pemberian penghargaan ini dilakukan di acara pembukaan Semanan Flora Fauna Expo 2019 yang digelae di Sentra Flona Semanan, Kalideres, Jakarta Barat

Pameran yang bertujuan untuk mempromosikan flora dan fauna ini digelar mulai hari ini hingga Minggu (25/8/2019).

Begini Proses Bank Sampah di Koja, Mengolah Sampah Plastik Jadi Konblok

KPAI Pastikan Siswi SMK Bekasi Korban Pengeroyokan Kembali Sekolah Pekan Depan

Keberadaan replika ikan cupang raksasa ini pun mendapat antusias dari para pengunjung pameran.

Mereka bergantian berfoto dengan latar belakang replika tersebut.

"Ini bagus dan unik ya karena dibuat pakai buah-buahan asli semua," kata Anita, warga yang berfoto di depan replika ikan cupang raksasa.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved