Butuh Sekitar 2.200 Ton Sampah Agar Dapat Dikelola Menjadi Energi Listrik

Metode pengelolaan sampah menjadi sumber energi listrik, lanjutnya, memang sedang dilakukan proses Intermediate Treatment Facility (ITF).

Butuh Sekitar 2.200 Ton Sampah Agar Dapat Dikelola Menjadi Energi Listrik
TribunJakarta/Muhammad Rizki Hidayat
Sektetaris Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yusiono Anwar Supalal, saat diwawancarai Wartawan, pada acara CFD, di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yusiono Anwar Supalal, mengatakan sekitar 2.200 ton sampah untuk dapat dikelola menjadi sumber energi listrik.

"Kita butuh sekitar 2.200 ton sampah untuk dapat digunakan, nantinya pengelolaan sampah menjadi energi listrik," kata Yusiono, sapaannya, saat acara Car Free Day (CFD), di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2019).

Namun, Yusiono mengatakan masih perlu diketahui dulu bagaiman desain teknis pengelolaan sampah menjadi sumber energi listrik.

"Untuk menjadi energi listriknya, saya perlu lihat dulu desain teknisnya seperti apa. Tapi, kalau untuk inputnya, yang diperlukan itu dan kapasitas dari pelayanannya adalah 2.200 ton sampah per hari," jelasnya.

Metode pengelolaan sampah menjadi sumber en

Manchester United Kena Karna Sok Sindir Chelsea, Solskjaer Frustasi 2 Kali Gagal Penalti

ergi listrik, lanjutnya, memang sedang dilakukan proses Intermediate Treatment Facility (ITF).

"ITF adalah tempat pengolahan sampah perkotaan. Jadi, sampah-sampah yang sudah teruji-lah, yang akan didorong ke ITF untuk dikelola, sebelum akhirnya nanti akan dibuang ke Bantargebang (Bekasi, Jawa Barat)," tuturnya.

Untuk saat ini, sambungnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta sedang melakukan proses ITF.

"Kami sedang melakukan prosesnya. Itu di Sunter Jakarta Utara, dan kami coba untuk merencanakan itu di Cakung, dan juga di Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved