Didominasi Wajah Baru, Wali Kota Bekasi Optimis Sinergitas Tetap Tercipta dengan DPRD

Dia juga menyampaikan pesan agar anggota DPRD yang baru dilantik dapat mengemban amanah dengan asas jujur, adil dan penuh integritas.

Didominasi Wajah Baru, Wali Kota Bekasi Optimis Sinergitas Tetap Tercipta dengan DPRD
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Pelantikan Anggota DPRD Kota Bekasi periode 2019-2024 di gedung DPRD Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, Senin (26/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi optimis, pihaknya tetap bisa menjaga sinergitas dengan lembaga legislatif periode baru 2019-2024 yang baru saja dilantik di Gedung DPRD Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, Senin (26/8/2019).

Rahmat usai pelantikan anggota DPRD Kota Bekasi mengatakan, periode sebelumnya, anggota dewan bekerja dengan sangat luar biasa. Hal itu terbukti dari jumlah produk legislatif yang dihasilkan selama masa bakti lima tahun 2014-2019.

"Dewan yang kemarin itu ada 36 pansus, ada 88 perda, produktifitasnya sangat luar biasa, dewan yang dilantik sekarang ini menjadi tantangan dalam legislasi dalam budgeting dalam pengawasan, yang namanya pemerintahan ada dua komponen, ada legislatif dan ada eksekutif dan DPRD itu bagian dari pemerintahan, oleh karna itu dibutuhkan sinergitas," kata Rahmat.

VIDEO Pelantikan Anggota DPRD Kota Bekasi Diwarnai Unjuk Rasa, Mahasiswa Ricuh dengan Aparat

Dia juga menyampaikan pesan agar anggota DPRD yang baru dilantik dapat mengemban amanah dengan asas jujur, adil dan penuh integritas.

"Saya berharap kita semua terutama anggota DPRD yang terhormat dapat memaknai sebuah proses pemilihan sebagai sebuah proses yang sakral, dalam upaya menegakkan kedaulatan rakyat, karena rakyat sudah mempercayakan suara kepada bapak ibu, tidak hanya untuk diwakili tapi juga untuk diperjuangkan aspirasinya," jelas dia.

Pemerintah Kota Bekasi punya visi dan misi sebagai kota yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera dan ihsan. Dalam visi misi itu kata Rahmat ada 45 kebijakan politis, ada 120 program kebijakan strategis yang setiap tahun dilakukan di wilayah.

"Visi misi ini adalah simplikasi yang dituangkan dalam bentuk program kerja wilayah tempat bapak dan ibu anggota dewan dipilih, saya ingin semua keja dan rencana ini terukur dan direncanakan berkat kerja sama antara lembaga legislatif dan eksekutif," tegas dia.

Adapun untuk DPRD Kota Bekasi periode 2019-2024 terdiri dari 50 orang anggota, masing-masing berasal dari PKS sebanyak 12 kursi, PDIP 12 kursi, Golkar dengan 8 kursi, lalu Geindra 6 kursi, PAN 5 kursi, Demokrat 4 kursi, PPP 2 kursi dan PKB 1 kursi.

Mereka didominasi wajah baru, KPU Kota Bekasi berdasarkan hasil rapat pleno penetapan anggota dewan terpilih mencatat, 29 anggota merupakan sosok baru, 21 orang merupakan petahana.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved