Bawa Senjata Api Mainan, Pencuri Sepeda Motor di Babelan Terciduk Saat Beraksi

Kejadian bermula ketika pelaku bersama seorang rekannya yang masih buron berusaha membawa kabur sepeda motor milik korban bernama Hanif (26).

Bawa Senjata Api Mainan, Pencuri Sepeda Motor di Babelan Terciduk Saat Beraksi
ISTIMEWA/Dokumentasi Humas Polres Metro Bekasi
Barang bukti milik tersangka kasus pencurian sepada motor di Desa Kedaung, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BABELAN - Seorang pemuda bernama Dandi (22), nyaris jadi bulan-bulanan warga ketika terciduk saat tengah beraksi mencuri sepeda motor di sebuah rumah di Jalan Pertamina, Desa Kedaung, RT04/02, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Kapolsek Babelan Polres Metro Bekasi, Kompol Tata Irawan mengatakan, kejadian bermula ketika pelaku bersama seorang rekannya yang masih buron berusaha membawa kabur sepeda motor milik korban bernama Hanif (26).

Namun, aksi dua orang pencuri ini tidak berjalan mulu, mereka terciduk pemilik sepeda motor lantaran suara gaduh yang ditimbulkan saat hendak merusak kunci kontak.

"Kejadian kemarin siang sekitar pukul 11.30 WIB, korban saat itu sedang di dalam rumah lalu tiba-tiba mendengar suara bunyi kunci kontak yang sedang dirusak tersangka," kata Tata kepada TribunJakarta.com, Selasa (27/8/2019).

Korban lalu mengecek ke luar rumah dan melihat pelaku tengah berusaha membawa kabur sepeda motornya dengan cara didorong keluar gerbang.

Seketika, ia langsung meneriaki maling hingga didengar warga sekitar rumah.

Toko Furniture di Pamulang Dibobol 3 Maling, Uang Rp 25 Juta Raib

"Karena panik tersangka sempat meninggalkan sepeda motor yang ingin dia curi, tapi korban dibantu warga terus mengejar dan berhasil ditangkap," ungkapnya.

Ketika berhasil diamankan, korban nyaris jadi bulan-bulanan warga yang kesal dengan aksi pencurian yang dilakukan.

Beruntung sebagian warga dan anggota Polsek Babelan yang datang ke TKP berhasil meredam amarah sehingga pelaku dan barang bukti langsung diangkut ke Polsek Babelan Polres Metro Bekasi.

"Ketika diamankan langsung dibawa, satu pelaku inisial SB masih buron, yang buron ini ternyara otak dari pencuriannya karena tersangka yang kita amankan ini (Dandi) mengaku baru sekali beraksi," jela Tata.

Adapun dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa sepeda seperangkat kunci yang digunakan tersangka untuk beraksi mencuri sepeda motor, dompet beserta uang tunai, STNK, dan senjata api (senpi) mainan yang digunakan tersangka untuk menkut-nakuti korban.

"Senpi mainan itu, jadi korek api yang bentuknya menyerupai senpi, diduga memang digunakan untuk menakut-nakuti korban, tapi pada saat kejadian kemarin tidak sampai digunakan karena keburu ditangkap," ucapya.

Hingga saat ini, polisi masih memburu satu pelaku yang masih buron, mereka diduga kerap beraksi di kawasan Bekasi dan menjual barang hasil curian ke seorang penadah.

"Kami masih kejar satu pelaku kalau sudah ketangkap kita akan ekspose lagi," tegas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved